MENGOPTIMALKAN KONSENTRASI ANAK DENGAN ASUPAN YANG TEPAT


         Memiliki anak yang cerdas dan tumbuh dengan optimal merupakan impian semua orang tua. Namun, tidaklah mudah untuk mewujudkannya jika sebagai Bunda, kita tidak memiliki pengetahuan atau bekal yang cukup dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, terutama pada masa keemasannya (golden period). Kenapa harus pada golden period? Karena pada dasarnya, kesuksesan masa depan anak dipengaruhi oleh apa yang kita persembahkan pada anak di masa keemasannya.

Langkah cerdas saya sebagai ANMUM BUNDA INSPIRATIF dalam mengoptimalkan konsentrasi anak adalah :

1.      Mencukupi asupan nutrisi untuk anak
Untuk mendukung tumbuh kembang otaknya, saya selalu memilih bahan makanan yang memiliki kandungan DHA, Omega 6, Omega 3, dan beberapa vitamin lainnya yang berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat anak. Untuk menjamin agar nilai gizi yang ada dalam bahan makanan tidak berkurang maupun hilang, maka saya memilih untuk memasak sendiri menu makanan untuk si kecil.
Alasannya adalah : dengan mengolah sendiri, maka jaminan gizi dan higienitasnya jelas terjaga dan saya sangat yakin jika makanan yang dimasak dengan penuh cinta dan kasih sayang akan meningkatkan ikatan batin antara saya dan si kecil. Dengan demikian, saya akan lebih mudah mengajarkan hal-hal baru pada si kecil, yang pastinya ia juga lebih cerdas dalam mengingat dan selalu konsentrasi dalam menangkap hal-hal baru yang ada disekitarnya.

2.      Memilih asupan sehat untuk melengkapi nutrisinya
Memberi aneka makanan yang bergizi kepada anak tidaklah mudah. Nah, untuk melengkapi asupan nutrisinya, saya sangat bergantung pada bantuan makanan pelengkap, seperti susu. Awalnya saya sempat bingung memilih susu yang tepat untuk si kecil mengingat banyaknya susu yang beredar di pasaran. Namun berkat informasi yang saya peroleh, akhirnya pilihan saya jatuh pada ANMUM ESSENTIAL 3 yang merupakan susu lanjutan untuk anak usia 1 hingga 3 tahun.
Alasan utama saya memilih susu ANMUM ESSENTIAL 3 adalah karena merupakan susu pertama yang mengklaim TANPA GULA TAMBAHAN, dimana hal tersebut tidak saya temukan pada susu formula yang lain. ANMUM ESSENTIAL 3 memiliki rasa yang lezat dan manis dari LAKTOSA (gula natural yang dihasilkan dari susu) sehingga aman untuk kesehatan dan keseimbangan otak anak.
ANMUM ESSENTIAL TANPA GULA TAMBAHAN mampu menepis kekhawatiran saya akan ancaman penyakit akibat konsumsi gula tambahan berlebih, yang diantaranya : gangguan konsentrasi pada anak, obesitas, karies gigi, diabetes, dan beberapa penyakit degeneratif lainnya.

3.      Memilih camilan yang sehat untuk anak
Selain makan pada jam utama, saya biasa menyediakan cemilan sehat untuk menemani aktifitas anak. Hal itu saya lakukan untuk menghindarkan anak dari mengonsumsi cemilan yang kurang bermanfaat, seperti permen, cokelat, snack, dan lain-lain. Saya berusaha menghindari camilan yang berkadar gula tinggi karena dapat mempengaruhi kemampuan konsentrasi anak. Sebaliknya, saya lebih memilih camilan yang berprotein tinggi karena sangat bagus untuk mendukung tumbuh kembangnya. Beberapa cemilan yang saya siapkan diantaranya, buah-buahan, oat, kacang-kacangan, dan lain-lain.

4.      Menstimulasi anak dengan berbagai aktivitas yang dapat melatih konsentrasinya
Beberapa aktivitas yang berguna untuk melatih konsentrasi anak, diantaranya : a) olahraga, misalnya : bowling, berenang,  sepak bola, dan lain-lain. b) bermain, misalnya : menggambar, menyusun puzzle, menjumput, menyusun balok, dan lain-lain, dan c)  seni, misalnya : dengan mendengarkan musik dan menghafal lagu bersama. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, maka semua aktivitas hendaknya dilakukan secara konsisten, penuh kesabaran dalam melatih, mengarahkan dan memotivasi anak.

Saya yakin jika asupan yang tepat dan stimulasi yang optimal pada anak akan mampu memaksimalkan perkembangan otak dan potensi belajar anak. Nah, jika perkembangan otaknya maksimal, maka bisa dipastikan jika daya konsentrasi dan daya ingat anak juga akan meningkat.

 -------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel ini diikutkan dalam "WRITING COMPETITION ANMUM BUNDA INSPIRATIF bersama KOMUNITAS IIDN"





https://www.facebook.com/groups/ibuibudoyannulis/?bookmark_t=group



 Narsis Dengan Buku Soulmateku Mbak Yu Candra Nila Murti Dewojati

Loading...
Previous
Next Post »