Indari Mastuti, Inspirasi Bagi Para Wanita


Jika sebagian orang suka memandang sebelah mata pada wanita yang berstatus ibu rumah tangga, maka sebaliknya dengan Indari Mastuti. Dia justru merangkul para wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga untuk maju dan lebih produktif melalui group Ibu-Ibu Doyan Nulis atau yang dikenal sebagai IIDN dan Ibu-Ibu Doyan Bisnis atau yang dikenal dengan IIDB. Siapakah Indari Mastuti?
Indari Mastuti adalah ibu dari dua orang anak yang memiliki mimpi besar, menjadi Mompreneur sejati. Berkat kegigihannya, dia berhasil menyabet beberapa penghargaan, diantaranya : menjadi Finalis Kusala Swadaya pada tahun 2011, menjadi pemenang II Wirausaha Muda Mandiri 2011 pada tahun 2012, menjadi Perempuan Indonesia Terinspiratif Majalah Kartini pada tahun 2012, memperoleh Kartini Awward dan menjadi Finalis Wanita Wirausaha Femina, menjadi Pemenang Utama Sekar Womenpreneur.


Gambar diambil di sini 


Mengapa Indari Mastuti layak disebut Wanita Terinspirasi?
Dengan niat untuk meningkatkan produktivitas para wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga, Indari Mastuti mendirikan sebuah group yang bernama IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis). Melalui group yang beranggotakan para wanita ini, Indari Mastuti berusaha mengedukasi dan memandirikan para wanita Indonesia melalui jalur menulis.

Gambar diambil dari dokumen group IIDN
Antusiasme para anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga ke mancanegara, membuat Indari Mastuti membagi groupnya menjadi beberapa cabang sesuai dengan wilayah masing-masing. Setiap wilayah dipimpin oleh Koordinator Wilayah (Korwil) yang berperan serta dalam membantu mengatur arus informasi dari group pusat ataupun sebaliknya. Kini group IIDN sudah memiliki 22 cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan juga di luar negeri yang berpusat di Jepang.
Melalui Group yang dibentuknya, Indari Mastuti menunjuk beberapa Mentor yang bertugas memberikan wawasan dan pengetahuan kepada para anggotanya mengenai seluk-beluk kepenulisan, seperti : bagaimana cara menghasilkan tulisan yang baik, kiat-kiat menembus media cetak, bagaimana membuat outline yang baik agar bisa menarik hati penerbit, cara nge-blog, EYD, dan masih banyak ilmu yang bermanfaat lainnya.
Perlahan namun pasti, para anggota yang bergabung dan serius belajar dalam grop tersebut mulai menunjukkan kiprahnya pada dunia. Para wanita yang biasanya lebih akrab dengan dapur, sumur dan kasur ini, berhasil membuktikan bahwa profesi menulis bukanlah milik orang yang “berbakat” saja, karena siapapun bisa menjajaki profesi menulis.
Beberapa nama anggota mulai menghiasi media cetak nasional, bertengger di deretan pemenang lomba menulis, tercantum dalam buku-buku best seller, menjadi penulis artikel, dan masih banyak prestasi lainnya. Semua prestasi yang diraih para anggotanya tentu tak lepas dari “tangan dingin” sang founder, Indari Mastuti yang tak henti-hentinya memotivasi anggotanya untuk terus maju dan berprestasi.

Gambar diambil dari koleksi pribadi


Tidak Hanya Menginspirasi Wanita untuk Menulis, Tetapi juga Mahir Berbisnis

Indari Mastuti tak hentinya berinovasi, selain mendirikan group IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis), dia juga berhasil mengumpulkan ibu-ibu pebisnis dalam komunitas yang diberi nama IIDB (Ibu-Ibu Doyan Bisnis). Meskipun tidak sebesar IIDN, namun melalui group ini, Indari Mastuti tetap bersemangat dalam berbagi inspirasi bisnis.
Sebagaimana perlakuan pada group IIDN, Indari Mastuti menunjuk beberapa Mentor untuk memberikan materi tentang bisnis, misalnya : Bagaimana membuat bisnis dari rumah, bagaimana memaksimalkan bisnis dari rumah, dan berbagai tips-tips bisnis lainnya. Selain itu, Ibu-ibu pebisnis yang tergabung dalam group IIDB juga diarahkan untuk menjadi penulis buku bisnis. Hasilnya, beberapa buku bisnis karya anggota IIDB mulai dilirik dan diterbitkan oleh penerbit ternama.

 Gambar diambil dari koleksi pribadi

Beberapa wanita yang bergabung dalam group yang digawangi Indari Mastuti mulai merasakan nikmatnya mendapatkan penghasilan dari menulis dan juga bisnis. Nikmat itu semakin terasa lebih manakala para wanita itu bisa berkarya tanpa harus meninggalkan rumah. Semua alasan yang sudah saya sebutkan diatas rasanya layak menjadikan Indari Mastuti sebagai Wanita Terinspiratif Versi Blog Zalora Indonesia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam “WanitaTerinspiratif Blog Competition” yang diselenggarakan oleh ZALORA Indonesia

Loading...
Previous
Next Post »
loading...