Loading...

BBM Naik, Ni Solusinya!!

Berita kenaikan BBM yang baru diumumkan semalam, ternyata menimbulkan dampak luar biasa. Respon masyarakat di Dumay (dunia maya) dan Dunya (dunia nyata) ikut beragam, ada yang marah, kecewa, mengumpat, sedih, tertawa (meski hati menjerit), biasa saja, bahkan ada yang justru mendoakan bangsa indonesia dan juga pemimpinnya supaya mampu menghadapi kondisi yang semakin bertambah berat ini. Tidak dipungkiri, masalah kenaikan BBM merupakan sesuatu yang sangat sensitif dari jaman dahulu hingga sekarang. Namun lebih sensitif lagi, tentu yang terjadi sekarang ini, dimana Presiden kita menaikkan harga BBM pada saat harga minyak dunia turun. Ya sudahlah, apa mau dikata, nasi sudah menjadi bubur. Daripada mengumbar amarah, sindir menyindir, dan saling lempar kata-kata kotor (sudah gak merubah keadaan, nambah dosa iya) mendingan kita nikmati ajalah bubur yang ada. Kalau perlu kita buat tuh bubur menjadi nikmat dan lezat aja. *yaelah, kok jadi ngomongin bubur ya? Oke dech, daripada pusing mikirin kenapa BBM bisa naik? Mendingan kita pikirin solusi apa yang tepat buat menghadapi kenaikan BBM ini. Apa saja ya, simak ya :

  • Kurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting. 
 Memangnya ada ya pengeluaran yang tidak penting? Ada dong, misalnya punya mobil 2, padahal yang satunya nganggur. Lah daripada duit buat nanggung biaya pajak dan servisnya, mending kan ditabung aja. Misalnya lagi, bapak-bapak yang suka mero*ok nih, daripada punya duit dibakar sia-sia jadi asap, apa gak mending dikasih ke istrinya aja buat ditabung? Udah badan sehat, istri juga bahagia.
  • Menghemat biaya-biaya harian/bulanan. 
Kenaikan BBM tentu membuat harga-harga barang ikut melambung. Nah, agar tetap bisa menabung, kita kudu menghemat beberapa biaya yang bisa dihemat (mbulet ya?) Contoh biaya yang bisa dihemat, antara lain :
  1. Biaya transpot yang bisa disiasati dengan menumpang teman (biayanya parohan loh, bukan nebeng gratis), bisa juga dengan jalan kaki (udah irit, badan sehat lagi)
  2. Biaya makan nih. Beli makanan diluar emang praktis sih, tapi duitnya kagak praktis khan, dan pastinya kebersihannya belum terjamin. Nah untuk menyiasatinya, kita bisa memasak sendiri sesuai selera. Udah higienis, hemat lagi. Sisa duitnya bisa masuk kanting dech he he he.
  3. Bawa bekal makanan dan minuman. Saat beraktivitas diluar rumah, pastilah kita butuh makan atau minum, khan? Daripada beli, mending kita bawa bekal dari rumah. Tuh khan, duitnya bisa masuk kantong lagi.
  4. Kurangi biaya air dan listrik. Memangnya bisa ya? Bisa saja, misalnya kalau biasanya TV dirumah nyala 24 jam nonstop, yuk mulai dikurangi, kipas angin/AC juga bisa disiasati dengan menanam pepohonan di halaman (rumah adem, buahnya bisa dipanen, duitnya masuk kantong lagi), dan gunakan air dengan bijak juga, jangan biarkan kran air mengalir terus pada saat tidak digunakan.
  • Tingkatkan penghasilan Anda. 
Solusi terbaik menghadapi kenaikan BBM ini tentunya dengan meningkatkan penghasilan kita. Karena sehebat apapun kita dalam berhemat, kalau penghasilan kita gak bertambah ya sama aja bohong. Beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan, antara lain : bisnis online, pulsa berjalan, blogger, gost writer, bisnis catering, bisnis aneka cemilan, kerajinan tangan, kuis hunter, dan lain sebagainya.

Oke dech, demikian Solusi Cerdas Menghadapi Kenaikan BBM yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat yaa! Mohon maaf jika ada yang kurang jugaa….

Loading...
Previous
Next Post »
loading...