Mengapa Daging Kambing istimewa menurut Rasulullah?



Mengapa Daging Kambing istimewa menurut Rasulullah? Padahal menurut informasi disebutkan agar kita berhati-hati mengonsumsi daging kambing karena dapat menyebabkan beberapa penyakit kambuh dan bertambah parah. Sebenarnya, daging kambing merupakan salah satu makanan favorit Nabi Muhammad, loh. Bahkan, melalui beberapa hadits, Rasulullah menyebutkan keistimewaan kambing :





•    Didalam kambing terdapat keberkahan
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah.(HR. HR. Ahmad)
Tidak hanya dagingnya saja, susu dan kulit kambing juga mengandung keberkahan.
•    Beberapa Nabi pernah menggembalakan kambing
Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “tidaklah seorang Nabi diutus melainkan ia menggembala kambing“. para sahabat bertanya, “apakah engkau juga?”. Beliau menjawab, “iya, dahulu aku menggembala kambing penduduk Mekkah dengan upah beberapa qirath”(HR. Al Bukhari)
Kesabaran dan keuletan ketika menggembalakan kambing dapat membentuk karakter seseorang menjadi baik.

•    Daging kambing tidak berbahaya bagi kesehatan
Apa yang disunnahkan Rasulullah, pastilah didalamnya terdapat manfaat dan tidak membahayakan. Hal tersebut dibuktikan oleh orang zaman dahulu yang gemar makan daging kambing dan lemaknya.
Lalu, mengapa sekarang ini daging kambing dianggap berbahaya bagi kesehatan?
Sebenarnya bukan daging kambing tidak menyebabkan penyakit, namun karbohidrat (misalnya : nasi, lontong, tambahan gula, dan minuman manis) yang dikonsumsi bersama daging kambinglah pemicunya. Daging kambing akan aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi, asalkan :
  • Diolah dengan cara yang baik agar kandungan vitamin dan mineralnya tetap terjaga, misalnya kurangi santan dan minyak, gunakan bumbu-bumbu pilihan, dan perhatikan waktu memasak yang tepat.
  • Dikonsumsi secukupnya saja dan tidak berlebihan
  • Dikonsumsi oleh orang-orang yang terbiasa menerapkan pola hidup sehat, misalnya : cukup serat, olahraga rutin, makanan bergizi seimbang, tidak mer*kok &minum al*ohol, dan lain sebagainya.
Sudah terjawab kan, Mengapa daging kambing istimewa menurut Rasulullah? Ternyata ada alasan lain yang membuat daging kambing sangat istimewa. Daging kambing memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh, antara lain :
•    Daging kambing sangat baik untuk kesehatan jantung
Penelitian dari American Heart Association menyebutkan bahwa daging kambing sangat baik untuk orang yang mempunyai masalah pada jantung, karena memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan lemak yang sehat, mudah dicerna tubuh, mengandung zat besi, potasium yang rendah, dan mengandung semua asam amino.
•     Membantu mengurai kolesterol jenuh
Kolesterol jenuh dapat diminimalisir apabila Omega 3 sudah terdapat dalam darah, namun Omega 3 tidak dapat mengurai kolesterol yang sudah terbentuk dalam tubuh. Lalu, bagaimana kambing membantu mengurai kolestrol? Ternyata hanya ikatan kolesterol lembut saja yang bisa menguraikan kolesterol kasar, artinya kolesterol yang sudah terbentuk dalam tubuh tidak akan bisa diurai dengan materi melainkan dengan kolesterol kambing saja .

•    Mencegah penyakit darah tinggi dan obesitas
Kolesterol kambing sangat bermanfaat untuk menguraikan kolesterol dalam darah  yang menjadi penyebab penyakit hipertensi. Bagi penderita obesitas, daging kambing dapat bermanfaat membakar lemak yang berlebihan dalam tubuh.
•    Mempercantik kulit
Daging kambing mengandung vitamin C alami yang tidak teroksidasi, dimana keberadaanya sangat penting untuk kulit. Vitamin C yang tidak teroksidasi sangat penting untuk ketahanan dan pembangunan sel kulit, serta mempercantik kulit.
•    Meningkatkan rasa kasih sayang dan kebahagiaan
Kolesterol kambing akan membuat jantung menjadi halus dan lembut pergerakannya, sehingga perasaan bahagia akan tercipta. Daging kambing membuat sistem darah menjadi sehat dan kuat, begitu juga dengan thalamus yang juga kuat sehingga kondisi tersebut sangat membantu terciptanya perasaan kasih sayang.
•    Mencegah anemia
Zat besi yang tinggi dalam daging kambing berfungsi mencegah anemia. Selain itu, daging kambing juga mengandung vitamin B12 yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sel darah merah  dan niasin.
Nah, sudah tahu khan mengapa daging kambing istimewa menurut Rasulullah? Jika demikian, yuk kita konsumsi daging kambing! Selain bernilai ibadah karena meneladani Rasulullah, mengonsumsi daging kambing juga menyehatkan tubuh. Semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada kekurangan dalam penyampaian.
Loading...
Previous
Next Post »