Loading...

Mengatasi Batuk dengan Bahan Alami

gambar dari google.
Musim pancaroba sudah didepan mata, untuk itu kita harus menghadapinya dengan tubuh yang fit dan prima. Batuk termasuk salah satu gangguan kesehatan yang menyerang tubuh manusia, baik anak-anak maupun dewasa. Sebenarnya, batuk bukanlah penyakit, tapi merupakan indikator yang disampaikan tubuh atas ketidak beresan/ iritasi yang terjadi dalam tubuh. Batuk merupakan reaksi tubuh dalam mengeluarkan benda-benda asing yang bersarang di paru-paru dan saluran nafas bagian atas.
Meskipun batuk bukan penyakit, namun membiarkannya berlarut-larut tanpa ada upaya penanganan serius justru dapat membahayakan kesehatan. Lalu apa yang harus kita lakukan? Sebenarnya kita bisa mengatasi batuk dengan obat-obatan yang dijual bebas di apotek dan toko-toko obat,  mengingat sekarang ini banyak kandungan yang dapat meringankan gejala batuk, antara lain : dextrometorfan Hbr, ekspextoran, antitusif, dan lain sebagainya.
Memang sih, beragam merek obat batuk dijual bebas di apotik, namun apakah obat-obatan berbahan kimia itu aman dan tanpa efek samping? Nah, bahan-bahan alami dipilih untuk mengatasi batuk dengan aman dan tanpa efek samping. Simak beberapa bahan alami untuk mengatasi batuk, berikut ini :
  • Mengatasi batuk dengan Jeruk nipis

Cara membuat ramuan obat batuk, adalah : dengan mengambil perasan jeruk nipis dan dicampur madu secukupnya. minum setiap pagi dan sore
  • Mengatasi batuk dengan Kencur

Cara membuat ramuan penyembuh batuk, yakni dengan memarut kencur, lalu peras airnya dan minumkan pada penderita. lakukan sehari dua kali.
  • Mengatasi batuk dengan Daun kemangi

Cara yang bisa dilakukan adalah ambil beberapa genggam kemangi, lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah dingin, Anda bisa meminum air rebusan daun kemangi secara rutin dua kali sehari hingga batuk sembuh
  • Mengatasi batuk dengan Serai

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara merebus serai dan akarnya. Setelah dingin, lalu minum air rebusannya secara rutin dua kali sehari.
  • Mengatasi batuk dengan Blimbing wuluh

Cara yang bisa dilakukan untuk membuat ramuan penyembuh batuk adalah : ambil segenggam bunga blimbing wuluh, tambahkan 3 butir adas dan gula secukupnya. Kemudian minum ramuan tersebut secara rutin dua kali sehari.
Nah, ternyata mengatasi batuk itu sangat mudah, bukan? Semoga informasi tentang cara mengatasi batuk dengan bahan alami diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...