Loading...

Tips Sehat Hadapi Musim Pancaroba

Saat musim pancaroba tiba, biasanya para orang tua ekstra waspada untuk melindungi kesehatan anaknya. Sebenarnya, apa sich musim pancaroba dan kenapa harus waspada? Musim pancaroba merupakan masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan, atau sebaliknya. Masa tersebut bisa dikatakan tidak menentu, kadang panas tinggi, kemudian hujan deras. Nah, perubahan temperature udara yang terjadi secara tiba-tiba itulah yang membuat tubuh kita bekerja ekstra keras dalam menyesuaikan temperature yang berubah-ubah. Akibatnya, system kekebalan tubuh menjadi berkurang dan mudah terserang penyakit.
Beberapa penyakit yang sering dijumpai pada masa pancaroba, antara lain : batuk, flu, diare, sesak nafas, dan lain-lain. Nah, agar badan selalu fit dan kuat, simak tips sehat hadapi musim pancaroba berikut ini ya :
Untuk mengatasi hal tersebut berikut adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap fit, antara lain:

1.    Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat bergizi

Makanan merupakan factor penunjang kesehatan tubuh, oleh karena itu pilihlah makanan yang bergizi seimbang, yakni mengandung unsur 4 sehat 5 sempurna (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan kalsium)

2.    Atur pola istirahat yang cukup

Istirahat merupakan cara tubuh memulihkan imunitas tubuh setelah aktivitas seharian. lakukan istirahat selama 6-8 jam sehari untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

3.    Rutin melaksanakan olahraga

Olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, tapi juga membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima dan fit setiap waktu. oleh karena itu, lakukan olahraga rutin setiap hari.

4.    Cukupi kebutuhan cairan

Cairan sangat dibutuhkan tubuh agar tetap segar dan terhindar dari dehidrasi. Untuk mendapatkan tubuh yang segar bugar, minumlah air putih minimal 8 gelas per hari

5.    Menjaga kebersihan badan, pakaian dan tempat tinggal

Salah satu kunci sukses sehat di musim pancaroba adalah menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Lakukan kebiasaan baik mandi 2 kali sehari, mencuci tangan, mencuci pakaian, menguras bak mandi, mengubur sampah,merapikan kamar tidur, dan lain sebagainya

6.    Pakailah masker saat beraktivitas di luar

Udara kotor dan berdebu, asap kendaraan, asap r0k0k dapat mengancam kesehatan Anda, karena itu lindungi kesehatan dengan mengenakan masker.
Mudah banget khan menjaga kesehatan di musim pancaroba. Semoga tips sehat hadapi musim pancaroba diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua ya. Salam Sehat!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...