Loading...

Demam Pada Anak

Pernahkan anak Anda mengalami demam? Jika iya, bagaimana perasaan ibu melihat anaknya demam? Demam pada anak seringkali membuat para ibu cemas dan takut, karena seringkali membuat anak rewel dan tidak nafsu makan. Sebenarnya demam bukanlah penyakit, tapi merupakan tanda bahwa imunitas tubuh tengah bekerja melawan kuman/virus dan infeksi yang ada dalam tubuh.  Jadi, mengapa anak bisa demam? Karena demam membantu tubuh anak dalam mengusir virus penyebab penyakit. Jadi bisa dikatakan bahwa demam merupakan alarm bahwa tubuh tengah menghadapi serangan dari virus. (Baca juga : Anak sering demam, berbahayakah?)
Demam ditandai dengan naiknya suhu badan diatas 38oC. Mendapati kondisi tersebut, orang tua pasti tidak akan tinggal diam, mereka akan segera memberikan obat turun demam. Memberi obat penurun demam memang baik karena membantu menurunkan demam, namun ada baiknya jangan selalu langsung diberikan, apalagi bila anak masih dalam kondisi nyaman. Demam dapat sembuh dengan sendirinya tanpa obat, karenanya jangan terlalu cemas atau takut berlebihan.
Meskipun demikian, demam pada anak juga wajib diwaspadai, apalagi jika disertai dengan penyakit lainnya, misalnya : sesak nafas, kejang, dehidrasi, muntah, dan lain sebagainya. Nah, agar tidak terlalu cemas saat anak demam, simak penanganan pertama ketika anak demam berikut ini :
  • Perhatikan penyebab demam. Apabila diikuti batuk pilek, maka penyebabnya adalah ISPA
  • Perhatikan apakah ada penyakit yang menyertai demam, misalnya sesak nafas, sakit kepala, kejang, dehidrasi, dan lain sebagainya.
  • Penuhi kebutuhan cairannya, karena kebutuhan cairan saat demam akan lebih meningkat sehingga kekurangan cairan dapat memicu dehidrasi.
  • Berikan makanan bergizi lengkap dan seimbang
  • Berikan obat demam apabila diperlukan, karena obat memberi efek menenangkan dan membuat anak nyaman.
  • Kompres bagian tubuh anak dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat. Kenapa bukan air dingin/es, karena dapat membuat anak menggigil kedinginan, sedangkan kompres hangat akan membantu mempercepat turunnya demam.
Sudah tahu banyak tentang demam pada anak dan langkah pertama untuk mengatasi demam. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...