Manfaat Cuka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pernahkah kalian menyangka bahwa cairan yang berbau dan berasa kurang enak ini mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan? Cuka merupakan cairan yang dihasilkan dari fermentasi buah-buahan yang berkadar gula tinggi, misalnya apel. Cuka biasanya digunakan sebagai bumbu dapur, salah satunya untuk membuat acar sayuran.
Kira-kira, apa sajakah manfaat cuka, simak terus informasinya dalam artikel ini.
  • Cuka berkhasiat menenangkan kulit
Tambahkan cuka secukupkan ke dalam bak air hangat, lalu berendamlah didalamnya selama kurang lebih 15 menit. Cara tersebut sangat baik karena dapat membantu mengembalikan keseimbangan Ph kulit.
  • Cuka bermanfaat merangsang sirkulasi dan mengecilkan pori-pori kulit
Campurkan dua sendok cuka apel kedalam dua cangkir air, lalu gunakan kapas untuk mengoleskan pada wajah yang bersih dan kering. Tidak perlu melakukan pembilasan lagi, karena aroma cuka akan hilang dengan cepat.
  • Menjadikan Rambut indah berkilau
Campurkan dua sendok cuka apel pada satu cangkir air bersih, lalu gunakan untuk membilas rambut seusai keramas.kandungan asam asetat dalam cuka akan membantu membersihkan sisa residu pada rambut Anda dan menjadikannya tetap berkilau.
  • Mengatasi ketombe
Campur larutan cuka apel dengan air secukupnya, lalu oles dan pijatkan pada kulit kepala sebelum keramas. Anda juga bisa mencampurlam satu sendok cuka apel pada shampoo yang akan digunakan untuk keramas dan pijatlah perlahan. sifat anti jamur dalam cuka apel dipercaya mampu mengatasi masalah ketombe. 
  • Mengatasi bau pada kaki
Campurkan cuka apel dengan air secukupnya pada baskom.  Lalu rendam kaki selama 15 menit, kemudian bilas dan keringkan. Cuka apel memiliki sifat antiseptic yang ampuh menghilangkan bau kaki dan antijamur yang membantu mencegah dan memerangi jamur pada kaki. Selain yang disebutkan diatas, ternyata cuka masih memiliki manfaat lain, yakni : meningkatkan penyerapan la;sium, mengontrol kadar gula darah, menghilangkan zat berbahaya pada makanan, membantu menurunkan berat badan, menormalkan kadar kolesterol dalam darah, dan mengatasi kulit menghitam akibat sengatan panas matahari. Okey dech, semoga informasi tentang manfaat cuka untuk kesehatan dan kecantikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...