Ini Alasan Mengapa Rasulullah Menyukai Kucing?

Adakah diantara kalian yang suka sama kucing? Yup, hewan berbulu lembut dan berwajah imut ini memang mampu menarik perhatian pecinta binatang. Ternyata Rasulullah juga suka sama binatang yang satu ini loh, bahkan Beliau juga memeliharanya di rumah. Wow, subhanallah banget yaa! Ingin tahu, siapa nama kucing peliharaan Rasulullah?
Mueeza, merupakan nama kucing peliharaan Rasulullah. Terdapat cerita, suatu ketika Rasulullah hendak mengambil jubahnya, ternyata si Mueeza tengah terlelap diatas jubahnya. Rasulullah tidak ingin menggangu binatang kesayangannya, lalu Beliau pun memotong belahan lengan jubah dimana Mueeza tertidur dengan lelapnya. 
Kemudian saat Rasulullah kembali ke rumah, Muezza terbangun dan merunduk sujud kepada sang majikan. Sebagai balasan, Rasulullah menyatakan kasih sayangnya dengan mengelus lembut ke tubuh mungil kucing itu sebanyak tiga kali. Subhanallah… Bukti cinta sang Rasulullah terhadap kucingnya bisa dilihat dalam aktivitas lain, yakni ketika Rasulullah menerima tamu dirumahnya. Beliau selalu menggendong Mueeza dan diletakkan dalam pangkuannya.
Mueeza, kucing kesayangan Rasulullah yang memiliki sifat khas, yakni selalu mengeong ketia mendengar lantunan adzan. Bahkan, Rasulullah berpesan kepada para sahabatnya agar menyayangi kucing peliharaan sebagaimana menyayangi keluarga sendiri.
Memelihara kucing mendatangkan banyak manfaat, diantaranya : menghilangkan stress, dan mendapatkan pahala karena menyayangi makhluk Allah. Selain itu, ada alasan lain mengapa Rasulullah menyayangi kucing, diantaranya adalah :
  • Menurut Rasulullah, kucing tidak najis, bahkan kita diperbolehkan berwudhu dengan menggunakan air bekas minum kucing, karena dianggap suci.
Rasulullah Saw bersabda, “Ia tidak najis. Ia binatang yang berkeliling.” Aisyah pernah melihat Rasulullah Saw berwudhu dari sisa jilatan kucing.” (H.R AlBaihaqi, Abd Al-Razzaq, dan Al-Daruquthni).
  • Menurut Rasulullah, lidah kucing bersih dari kuman dan juga mikroba, karena itu Rasulullah memperbolehkan umatnya memelihara di rumah.
Masih belum percaya nih kalau kucing aman menjadi binatang peliharaan? Simak fakta ilmiah tentang kucing, berikut ini ya :
  1. Dalam kulit kucing terdapat otot yang berfungsi menolak telur bakteri. Permukaan lidah kucing tertutup oleh beberapa benjolan kecil dan runcing yang bermanfaat membersihkan kulit. Bahkan lidah kucing merupakan alat pembersih tercanggih, karena permukaan yang kasar mampu membuang bulu-bulu mati yang tersisa di badannya.
  2. Menurut kesimpulan berbagai sumber yang dapat dipercaya dan hasil penelitian laboratorium, menyebutkan bahwa kucing tidak mengandung kuman dan mikroba. Air liurnya bersih dan membersihkan.
  3. Dari hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang dilakukan di berbagai laboratorium hewan ditemukan bahwa seluruh badan kucing itu bersih, bahkan ia lebih bersih dibandingkan manusia.

Hukuman Bagi yang Menyakiti Kucing

Jangan pernah menyakiti kucing ataupun memperlakukannya dengan tidak baik, karena Rasulullah menjelaskan bahwa hukuman orang tersebut adalah siksa neraka, sebagaimana hadits berikut :
Dari Ibnu Umar ra bahwa rasulullah saw bersabda, “Seorang wanita dimasukkan kedalam neraka karena seekor kucing yang dia ikat dan tidak diberikan makan bahkan tidak diperkenankan makan binatang-binatang kecil yang ada di lantai,” (HR. Bukhari).
Wah, ternyata banyak sekali keistimewaan kucing yang belum kita ketahui ya! Semoga informasi tentang Mengapa Rasulullah menyayangi kucing diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...