Mengenal Jenis-Jenis Kulit

Mengenal jenis-jenis kulit akan memudahkan upaya Anda untuk perawatan kulit secara benar dan tepat. Selain itu, mengenali jenis kulit akan memudahkan Anda dalam memilih kosmetik yang sesuai dan warna untuk riasan wajah Anda.  Sebelumnya ada baiknya Anda mengenal beberapa ciri kulit yang sehat, yakni :
  • Kulit tampak kencang dan kenyal
  • Warna kulit terlihat cerah
  • Kulit mempunyai kelembapan yang cukup sehingga terlihat basah/berembun
  • Kulit tampak halus, mulus, dan bersih dari jerawat, noda, dan jamur
  • Kulit tampak segar dan bercahaya
  • Tidak mengalami penuaan dini, misalnya kerutan, bintik hitam, dan lain sebagainya.
Kulit manusia dikelompokkan menjadi beberapa jenis, dimana masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri. Nah, berikut ini merupakan jenis-jenis kulit manusia :
  • Kulit Normal
Kulit normal merupakan jenis kulit yang paling ideal, karena kulit jenis ini tidak kering, tidak berminyak dan juga tidak sensitif. Kulit normal mempunyai ciri-ciri permukaan kulit tampak halus, lembut dan elastis. Meskipun demikian, kulit normal harus tetap dirawat agar terhindar dari masalah kulit yang menggangu.
  • Kulit berminyak
Kulit berminyak mempunyai ciri-ciri khusus, misalnya : telstur kulit lebih tebal dan pori-pori besar, permukaan kulit terlihat mengkilat dan berminyak, terutama daerah T. Hal itu dikarenakan kelenjar minyak terlalu produktif sehingga tidak mampu mengontrol keluarnya minyak (sebum). Pemilik kulit berminyak harus waspada, karena kulit jenis ini snagat rentan terhadap munculnya jerawatakibat infeksi bakteri yang muncul akibat minyak kulit terpapar debu dan kotoran.
  • Kulit Kering
Jenis kulit kering ini bisa dibilang sangat tidak menyenangkan bagi pemiliknya, karena  terlihat tidak segar dan mudah keriput. Kulit kering memiliki ciri-ciri berikut : kulit halus, kering, terlihat kusam, dan kaku. Pemilik kulit kering harus benar-benar memperhatikan kesehatan kulitnya agar terhindar dari masalah yang merusak penampilan Anda.
  • Kulit Sensitif
Kulit sensitif umumnya lebih tipis dibandingkan jenis kulit lainnya sehingga sangat peka terhadap hal-hal yang menyebabkan alergi, misalnya : makanan, matahari, parfum, kosmetik, pewarna kosmetik, dan lain sebagainya.
  • Kulit Kombinasi
Jenis kulit kombinasi ini merupakan kombinasi antara dua jenis kulit yakni berminyak dan kering/normal. Area yang berminyak kebanyakan adalah daerah T (daerah dahi, bibir, hidung, dan dagu), sedangkan bagian pipi jenisnya kering. Perawatan kulit jenis kombinasi ini bisa dibilang gampang-gampang susah, karena dibutuhkan perlakuan khusus agar kulit senantiasa sehat.
Setelah membaca artikel diatas, pastinya Anda jadi mengerti apa jenis kulit yang Anda miliki? Semoga informasi tantang mengenal jenis-jenis kulit diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...