Loading...

Bukti Shalat Tahajud Dapat Menyehatkan Tubuh

Shalat tahajud merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat direkomendasikan, karena besarnya keutamaan didalamnya. Apapun yang dilakukan Rasulullah, pastilah didalamnya terkandung manfaat yang luar biasa. Nah, salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan ketika istiqamah menjalankan shalat tahajud adalah tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit berbahaya.
Rasulullah SAW bersabda,“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (HR at-Tirmidzi).
Begitu pentingnya shalat tahajud untuk kesehatan tubuh manusia, Allah hampir saja mewajibkan shalat tersebut. Bahkan, karena pentingnya, maka shalat tahajud merupakan ibadah sunnah satu-satunya yang disebutkan dalam Al Quran, yakni surat Al Isra : 79, dan surat Al-Muzzammil ayat 1 hingga 10. Hem, kira-kira apa ya bukti bahwa shalat sepertiga malam terakhir itu menjadikan tubuh sehat? Simak bukti-bukti shalat tahajud dapat menyehatkan tubuh berikut ini yaa :

1.    Menyembuhkan Kanker

Diceritakan oleh seorang professor Dr Mohammad Sholeh yang merupakan pengasuh Klinik Terapi Tahajud dan trainer salat khusyuk bahwa beliau dulunya pernah mengalami kanker kulit. pada saat itu, dokter sudah angkat tangan dan tak mampu mengobatinya, akhirnya dengan istiqamah shalat tahajud, penyakitnya dinyatakan sembuh sama sekali. Menurutnya seseorang yang mau shalat tahajjud sebagaimana dicontohkan Rasulullah, meskipun hanya dua rakaat saja, maka tubuhnya akan mengeluarkan keringat yang menyehatkan.

2.    Imunitas tubuh meningkat

Disebutkan oleh Dr. Abdul Hamid Diyab dan juga Dr. Ah Qurquz bahwa, shalat tahajud bermanfaat meningkatkan system imunitas tubuh terhadap berbagai serangan penyakit berbahaya, yakni  pada jantung, otak, dan organ-organ penting tubuh yang lain. Menurutnya, Orang yang bangun di malam hari sama saja dengan menghentikan ketenangan tidur yang terlalu lama, dimana kebiasaan tidur lama merupakan salah satu factor terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

3.    Terhindar dari penyakit punggung

Bangun dimalam hari pada saat orang asyik berselimut memang berat, namun apabila sudah terbiasa maka Anda akan merasakan manfaatnya, yakni tubuh lebih segar, bugar dan bersemangat. Selain itu, kebiasaan bangun untuk bertahajud juga dapat menghindarkan Anda dari penyakit punggung pada usia tua.

4.    Meredakan Stres

Shalat Tahajud mengandung aspek relaksasi dan juga meditasi yang berpengaruh terhadap kejiwaan dan bisa digunakan untuk mengatasi stress. Seperti yang kita ketahui, stres memiliki pengaruh yang besar pada daya tahan tubuh seseorang. Stress yang tidak dikelola dnegan baik dapat memicu berbagai penyakit yang berbahaya, karena itu dengan rutin melaksanakan tahajud, maka hal itu bisa diminimalisir. 
Selain yang disebutkan diatas, masih banyak bukti shalat tahajud menyehatkan, diantaranya : lebih bahagia karena memiliki waktu untuk mencurahkan segala keluh kesah kepada Allah melalui shalat tahajud, lebih bisa menikmati hidup karena tahajud membuat manusia lebih pasrah akan segala ketentuan_Nya, dan masih banyak yang lainnya. Semoga artikel tentang bukti shalat tahajud dapat menyehatkan tubuh diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terima kasih…..

Loading...
Previous
Next Post »
loading...