Loading...

Cara Mencuci dan Memasak Sayuran Agar Nutrisinya Tidak Hilang

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya kandungan penting dalam sayuran seringkali berkurang atau hilang akibat proses pengolahan yang tidak tepat. Bahkan, proses pencucian yang tidak benar juga bisa membuat sayuran terkontaminasi kuman, bakteri, dan sisa peptisida. (BAhaya membuang bangkai tikus di jalan) Jika hal itu tidak diatasi dengan benar, maka mengonsumsi sayuran sebanyak apapun tetap tidak mendatangkan manfaat bagi tubuh. Bahkan dapat membahayakan kesehatan. (Tips cerdas membersihkan alat dapur)
sumber gambar : Tips Unik Seputar Rumah Tangga
Oleh karena itu, penting untuk kita mengetahui bagaimana cara memperlakukan sayuran dengan baik, mulai dari pencucian dan juga pengolahan. Cara perlakuan yang benar sangat penting untuk memperoleh semua manfaat dan nutrisi yang terkandung didalam sayuran. Nah, berikut ini merupakan cara mencuci dan memasak sayuran agar nutrisinya tidak hilang :

Pastikan tangan dan alat masak bersih

Ketika mencuci dan mengolah sayuran, pastikan tangan dan alat masak sudah bersih afar sayuran yang seharusnya sehat dan bernutrisi tidak terkontaminasi bakteri dari tangan dan alat masak. (Tips mengempukkan daging dnegan mudah)

Cuci Sayuran dengan Larutan Cuka

Air saja tidak cukup untuk membersihkan sayuran dari kotoran, kuman dan sisa peptisida. Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan cuka didalam air pencuci sayuran. Cuka dipercaya mampu membebaskan sayuran dari kuman dan sisa peptisida. Tambahkan cuka dengan perbandingan 1 : 3, rendam sayuran sebentar, lalu bilas dengan air bersih. (Sudah benarkah mandi besarmu?)

Rendam dalam larutan garam

Khusus untuk sayuran tertentu, seperti bunga kol, brokoli, selada, dan lain-lain, Anda bisa merendamnya kedalam larutan garam. Karena biasanya, sayuran ini rentan dihinggapi ulat atau serangga. Dengan cara tersebut, niscaya serangga dan ulat akan keluar. Setelah itu, bilas sampai bersih. (Kenapa wanita tercipta dari tulang rusuk yang bengkok)

Bilas sayuran dengan air mengalir

Agar kotoran yang melekat pada sayuran bisa terbuang dan bersih sempurna, bilas sayuran dengan air mengalir. Mencuci dengan air yang tidak mengalir hanya akan membuat kotoran kembali menempel pada sayuran. (Tabaruj dan ikhtilath, kesalahan wanita yang seringkali tidak disadari)

Masak dengan cara yang benar

Memasak sayuran yang tepat akan menyelamatkan nutrisi penting yang ada didalam sayuran, karena proses memasak yang salah dapat melarutkan atau merusak kandungan didalam sayuran.  Beberapa cara memasak sayuran yang baik, antara lain : mengukus, memanggang, menumis sebentar, mengoven, menyetup, dan memasaknya ke dalam microwave. (Waspadai Dayuts di jaman modern)
Semoga cara memperlakukan sayuran sebagai mana tersebut diatas dapat membuat sayuran yang Anda konsumsi menjadi sehat dan tetap terjaga nutrisinya.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...