Loading...

Cara Praktis Membersihkan Kompor Gas

Kompor gas merupakan alat yang wajib dimiliki para ibu rumah tangga, terutama yang suka memasak. Kompor gas yang digunakan untuk memasak secara terus menerus akan mudah kotor, baik karena sisa masakan, cipratan minyak, kuah, jelaga hitam, dan lain sebagainya. Yang lebih merepotkan lagi adalah jika kotoran tersebut sudah terkena panas, pasti akan lebih lengket dan sudah dibersihkan. Hem, pasti menjijikkan dan tidak sedap dipandang mata bukan? (Waspadai bahaya Menggunjing)
sumber gambar : Renomania
Membersihkan kompor gas tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, dibutuhkan trik khusus agar Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat. Sayangnya beberapa orang membersihkan kompor dengan cara tidak tepat, misalnya : mengerok kompor dengan pisau atau benda tajam sehingga catnya mengelupas atau rusak. Adapula yang menunggu tukang servis bulanan yang tentunya akan menambah pengeluaran Anda. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya, agar tidak penasaran, simak cara praktis membersihkan kompor gas berikut ini : (Jangan suka iri pada orang lain, kenapa?)

•    Gunakan air panas

Air panas bisa membantu mengangkat kotoran dan kerak yang membandel. Lepas selang dan semua tatakan kompor, kemudian tempatkan kompor pada bak besar. Siram dengan air mendidih hingga kompor terendam, diamkan selama 10-15 menit dan angkat. Gosoklah kompor menggunakan busa hingga merata dan lap hingga kering.(Ingin tahu apa saja penyakit hati yang berbahaya?)

•    Gunakan Baking soda

Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan secara merata pada kompor. diamkan sebentar, lalu bersihkan dnegan lap basah. Dijamin kotoran dan sisa minyak akan hilang dengan cepat.

•    Gunakan cuka apel atau jeruk nipis

Teteskan cuka apel pada badan kompor hingga merata. Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan lap basah. Jika tidak ada cuka, Anda bisa menggantinya dengan jeruk nipis, potong menjadi dua dan gosokkan secara merata pada badan kompor. Air jeruk nipis dapat mengatasi lemak dan noda membandel pada kompor. (BAhaya keluar rumah pada waktu maghrib)

•    Gunakan tepung terigu

Kompor gas Anda akan terbebas dari lemak dan cipratan minyak dengan mudah. Caranya dengan menaburkan tepung terigu pada badan kompor yang terkena cipratan minyak. Lalu bersihkan dengan lap kering hingga kompor bersih. Tepung terigu sangat efektif membersihkan minyak dan lemak membandel pada kompor.
 Bagaimana, mudah sekali bukan? Semoga cara praktis membersihkan kompor gas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...