Keutamaan Shalat Subuh

Kita semua memiliki kewajiban menjaga shalat lima waktu, namun diantara semua shalat yang ada, shalat subuh yang paling penting dan harus dijaga. Alasannya shalat subuh mengawali hari dan waktunya yang bertepatan dengan orang tidur sehingga tidak semua orang bisa menjaganya dengan konsisten, termasuk ibadah yang berat bagi orang-orang munafik. (Baca juga : Mengapa ibadah itu wajib)
“Shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan shalat subuh” (HR.Ahmad)
Sebagian orang meremehkan shalat subuh, padahal sholat subuh, apalagi jika dilakukan secara berjamaah memiliki banyak keutamaan, yang diantaranya :

1.    Mendatangkan berkah dari Allah Ta’ala.

Shalat subuh dapat mendatangkan berkah dari Allah Taala, karena Rasulullah sendiri yang mendoakan umatnya agar Allah memberikan berkahnya kepada kita semua.
Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya. (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah)

2.    Memperoleh cahaya yang sempurna pada hari kiamat

Shalat subuh dikerjakan pada saat kondisi alam masih gelap, namun tahukah Anda jika hal tersebut justru mendatangkan pahala yang besar berupa cahaya yang sempurnya, terutama bagi orang-orang yang menuju ke masjid untuk mendirikan shalat.
Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

3.    Memperoleh pahala shalat malam sepenuhnya

Kuatkah kita melaksanakan shalat malam semalam penuh? Mungkin kebanyakan jawaban akan mengatakan sulit dan berat. Memang berat, namun demikian kita bisa mendapatkan pahala shalat malam semalam penuh hanya dnegan rajin melaksanakan shalat subuh berjamaah.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam disebutkan:
Barang siapa yang melakukan shalat Isya berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat setengah malam. Barang siapa yang melakukan shalat Subuh berjamaah, maka dia sama seperti manusia yang melakukan shalat malam sepanjang waktu malam itu.”(HR. Muslim, dari Utsman bin Affan Radhiallahu ‘anhu) (Baca juga : Bahaya Penyakit ain pada anak)

4.    Mendapatkan jaminan dari Allah Taala

Allah memberikan jaminan dan perlindungan yang penuh pada orang yang istiqamah melaksanakan shalat subuh secara berjamaah.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang melaksanakan shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menuntut kalian sesuatu apa pun pada jaminan-Nya. Karena barangsiapa yang Dia tuntut pada jaminan-Nya, pasti Dia akan mendapatkannya. Kemudian dia akan ditelungkupkan pada wajahnya di dalam Neraka.” (HR. Muslim, dari Jundubibn Abdillah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu)

5.    Terhindar dari sebutan orang munafik

Maukah kalian diberikan julukan munafik? Tentu tidak ada satupun orang yang rela disebut munafik, untuk itu jagalah shalat subuh berjamaah, karena barang siapa melalaikannya atau sengaja mengabaikannya, maka dia tergolong orang yang munafik.
 “Tidak ada Shalat yang lebih berat (dilaksanakan) bagi orang munafik daripada shalat Subuh dan Isya. Seandainya mereka tahu (keutamaan) yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan melakukannya kendati dengan merangkak. Sungguh aku telah hendak memerintahkan kepada petugas azan untuk iqamat (Shalat) kemudian aku mengambil bara api dan membakar (rumah) orang yang belum tidak keluar melaksanakan Shalat (di masjid).” (HR. Bukhari-Muslim, dari Abu Hurairah) (Baca juga : Manfaat shalat malam untuk kecantikan)

6.    Shalat subuh disaksikan oleh malaikat

Malaikat memiliki tugas untuk mengawasi setiap gerak-gerik manusia dan melaporkannya kepada Allah. Dan, para malaikat mulai turun pada waktu subuh untuk menyaksikan manusia.
“Dan dirikanlah pula sholat Subuh. Sesungguhnya sholat Subuh itu disaksikan oleh malaikat”. (QS.Al Isroo (17):78)
Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “¬Malaikat bergantian melihat kalian pada siang dan malam. Para malaikat itu bertemu di shalat Subuh dan shalat Ashar. Kemudian yang bermalam dengan kalian naik (ke langit) dan ditanya oleh Rabb mereka, dan Dia lebih tahu keadaan hamba-hambanya, Bagaimana kondisi hamba-hambaku ketika kalian tinggalkan?’ Para malaikat menjawab, ‘Kami meninggalkan mereka dalam keadaan shalat, dan kami mendatangi mereka dalam keadaan shalat.” (HR. Bukhari-Muslim)

7.    Memiliki peluang mendapat pahala hari dan umroh jika dilanjutkan dengan berdzikir hingga matahari terbit

Jika Anda menghendaki pahala haji dan umroh, namun masih terkendala dengan biaya dan waktu, maka manfaatkan waktu shubuh dengan sebaik-baiknya karena dapat mendatangkan pahala haji dan umroh.
Dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang bersabda: “Barang siapa yang shalat Subuh berjamaah kemudian dia duduk berzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi)

8.    Shalat subuh dapat menjaga dari api neraka

Dari Umarah Radhiallahu ‘anhu berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, ‘Tidak akan masuk Neraka seorang yang shalat sebelum terbitnya matahari (Subuh) dan terbenamnya matahari (Ashar).”(HR. Muslim)

9.    Shalat subuh dapat mendatangkan kesempatan pada kita untuk melaksanakan shalat sunnah

 “Dua rakaat (shalat sunah) Subuh lebih baik daripada dunia dan segala isinya.” (HR. Muslim dari Ummul MukmininAisyah Radhiallahu ‘anha)

10.    Mendapatkan kemenangan di hari kiamat

Dari Jarir Bin Abdullah al-Bajali Radhiallahu ‘anhu berkata, “Kami pernah duduk bersama Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, kemudian beliau melihat ke bulan di malam purnama itu, Rasulullah bersabda, ‘Ketahuilah bahwa sesungguhnya kalian akan melihat kepada Rabb kalian sebagaimana kalian melihat kepada bulan ini. Kalian tidak terhalangi melihatnya. Bila kalian mampu untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbitnya matahari dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah!” (HR. Bukhari-Muslim)
 Semoga informasi diatas dapat membuat kita lebih istiqomah dan semangat menjaga dan mendirikan shalat subuh. amiin.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...