Loading...

Wudhu, Kebiasaan Sebelum Tidur yang Terlupakan

Pada saat tidur, kita akan kehilangan kesadaran penuh. Bagaimana jika pada saat itu kita tidak mampu membuka mata dan bangun dari tidur? Sementara ketika hendak tidur, kita lupa atau mengabaikan sunnah yang dianjurkan, seperti : berwudhu, berdoa, tidur dalam posisi miring ke kanan, membaca ayat Al Quran, dan lain sebagainya. (Waspadai Penyakit Ain pada Anak/Bayi)
Menyesal sudah pasti, karena semua yang sudah terjadi takkan mungkin bisa diputar ulang. Ingat kawan! Kematian datang tanpa bisa kita prediksi, tak peduli lagi senang, sedih, sehat ataupun sakit, bahkan sedang tidur sekalipun bisa jadi Malaikat bersiap mencabut nyawa kita. Untuk itu, bentengi diri dengan amalan-amalan yang dianjurkan agar kelak jika sewaktu-waktu kematian datang, kita tidak dihantui penyesalan yang berkepanjangan. (Perusak Rumah tangga orang, hati-hatilah!)
Salah satu sunnah yang dianjurkan pada saat tidur adalah berwudhu. Hal itu sebagaimana terdapat dalam hadits berikut
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah doa berikut :
Ya Allah, aku tundukkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena rasa takut dan penuh haram kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari hukuman-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus.
Jika kamu mati di malam itu, kamu mati dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa itu, sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan sebelum tidur.” (HR. Bukhari 247 dan Muslim)
Berwudhu merupakan ibadah ringan yang bernilai besar apabila kita mampu menjaganya. Selain itu, wudhu juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan jasmani dan rohani kita. Lalu, bagaimana jika kita senantiasa menjaga wudhu sebelum tidur? Beberapa pakar kesehatan mengemukakan pentingnya mencuci kaki, tangan, muka, dan mulut sebelum tidur. Nah, agar lebih jelasnya, simak keutamaan dan manfaat berwudhu sebelum tidur berikut ini :

•    Menenangkan otot dan syaraf sebelum kita pergi beristirahat

Percikan air wudhu mampu mengendurkan otot yang kaku setelah seharian beraktivitas dan syaraf akan menjadi lebih rileks, tenang, dan terbebas dari stres

•    Membuat kulit wajah terlihat cerah

Wudhu dapat menghilangkan kotoran pada kulit sehingga apabila kita menjaganya, maka dipastikan kulit wajah akan terlihat cerah dan bersinar. (Wudhu, Kebiasaan Rasulullah)

•    Di Doakan Malaikat

Berwudhu akan membuat Anda berada dalam kondisi suci dan mendatangkan keuntungan yang besar, yakni senantiasa didoakan Malaikat.
Dari Abdullah bin Umar radliyallaahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban).
Doa Malaikat sangat mustajab dan pasti dikabulkan oleh Allah, karena itu jangan lewatkan kesempatan ini. Yuk, selalu menjaga wudhu sebelum berangkat tidur! Semoga artikel diatas bermanfaat baggi kita semua.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...