Tips Sederhana Agar Anak Mencintai Al Quran

Orang tua mana sich yang tidak bangga ketika anak-anaknya mencintai Al Quran dan diberikan kemampuan untuk menghafalkannya. Tidak semua orang memiliki kemampuan menghafalkan ayat Al Quran yang jumlahnya 30 juz tersebut, kecuali hamba_Nya yang terpilih.
Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh bagi orang tua yang anaknya menjadi penghafal Al Quran, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang artinya :
Dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Saw. bersabda “Siapa yang membaca Alquran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat, cahayanya seperti cahaya matahari, kedua orang tuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan), yang tidak pernah didapatkan di dunia, keduanya bertanya: mengapa kami dipakaikan jubah ini? Dijawab “Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Alquran”. (HR. Al Hakim).
Subhanallah, sebagai orang tua, memiliki anak yang mencintai dan menghafal Al Quran bukan hanya membanggakan di dunia, tapi juga di akhirat kelak. Agar anak bisa mencintai dan semangat menghafalkan Al Quran, simak tips berikut ini :

•    Mengenalkan Al Quran sejak anak dalam kandungan

Tak kenal maka tak sayang. Dengan memperkenalkan anak sedini mungki pada Al Quran, maka anak akan mudah mencintai Al Quran. Namun prosesnya tentu bukan instan, karena orang tua harus telaten mengenalkan dan mengajarkan pada anak ketika mereka sudah terlahir ke dunia.

•    Berdoalah agar dikaruniai anak yang shaleh/shalehah dan mencintai Al Quran

Doa orang tua terhadap anaknya akan diijabahi Allah, karena itu jangan malas untuk mendoakan anak-anak agar menjadi anak soleh/solehah
Dari Abi Hurairah ra berkata, bersabda Rasulullah saw: Tiga do’a yang diijabah, tidak ada keraguan padanya: Do’a orang yang dizhalim, do’a orang yang sedang bepergian, dan do’a orangtua terhadap anaknya. (HR. Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

•    Orang tua harus menjadi teladan sekaligus guru bagi anaknya

Ingin anaknya mencintai dan belajar Al Quran, orang tua sebagai teladan bagi anaknya tentu harus lebih mencintai dan mau mengajarkannya. Jadikanlah Al Quran sebagai teman akrab yang selalu menghangatkan rumah Anda, misalnya ; dengan rajin membacanya dan memperdengarkan pada anak sejak terlahir ke dunia.
Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baiknya kalian adalah mereka yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya,” (HR. Bukhari).

•    Mengawasi pergaulan anaknya

Lingkungan dan pergaulan dapat mempengaruhi kepribadian anak-anak, karena itu sebagai orang tua, sebisa mungkin pilihlah lingkungan yang baik untuk anak dan awasi pergaulan anak-anaknya.
Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)
Mengumpulkan anak kita dengan teman-teman yang mencintai Al Quran, akan membuat anak-anak kita semangat untuk ikut mencintai Al Quran.
Selain tips diatas, mungkin masih banyak tips-tips lainnya. Semoga yang saya sampaikan, meskipun sedikit diatas dapat bermanfaat.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...