Manfaat Bangun Subuh Untuk Kesehatan

Bangun di pagi hari untuk melaksanakan shalat subuh merupakan kewajiban setiap muslim yang tidak boleh ditinggalkan dengan alasan apapun. Mungkin terasa berat, karena memang waktu subuh paling enak dinikmati dengan mata terpejam dan berlindung dibawah hangatnya selimut. Apalagi jika setan berhasil menghembuskan tipu dayanya agar kita terus menikmati tidur yang lelap, hem… dijamin makin lengket saja mata.
Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu menyatakan bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Setan membuat tiga simpul di tengkuk salah seorang dari kalian saat dia tidur. Di setiap itu dia menghembuskan, ‘Malammu masih panjang, tidurlah!’ jika dia bangun dan berdzikir kepada Allah, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia berwudhu, maka lepaslah satu simpul lagi. Dan jika dia shalat lepaslah simpul-simpul itu semuanya. (jika sudah begitu) pagi harinya dia akan bersemangat dan jiwanya bersih. Jika tidak, jiwanya kotor dan malas. (Al-Bukhari hadits no, 3269)
Sebenarnya, selain bernilai pahala karena sudah melaksanakan apa yang diwajibkan oleh Allah, bangun subuh juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Seperti yang kita tahu, hidup sehat itu berawal dari udara segar, terutama pada waktu subuh. Nah, agar semakin ringan dan mantap untuk bangun setiap subuh, simak manfaat bangun subuh untuk kesehatan dan kecantikan berikut ini :

Meningkatkan sistem imun

Kunci hidup sehat adalah ketika imunitas tubuh bisa bekerja optimal. Beberapa orang rela mengeluarkan kocek tebal hanya untuk membeli suplemen yang berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Padahal bangun di waktu subuh, melaksanakan ibadah sholat dan dilanjutkan dengan olahraga ringan (jalan kaki, lari, bersepeda, dan lain-lain) sudah membantu meningkatkan imunitas tubuh.

Menurunkan tingkat stres dan membuat hidup lebih bahagia

Saat pagi hari, udara akan terasa sejuk dan tanaman akan lebih menghijau apalagi jika dilengkapi tetesan embun. Nah, suasana seperti itu sangat baik karena membantu meningkatkan hormon endorfin dan oksitosin yang merupakan hormon kebahagiaan. Pemandangan yang subur dan menghijau dapat mengantarkan kita pada pikiran yang rileks dan mengurangi stress.

Terhindar dari sakit kepala

Bangun kesingan memiliki dampak yang buruk, salah satunya menyebabkan sakit kepala. Hal itu terjadi akibat cairan serebrospinal yang akan bergerak lebih cepat menuju otak Anda. Jika kebiasaan bagun kesiangan terus berlanjut, maka Anda akan mengalami sakit kepala yang parah, bahkan bisa berujung pada kebutaan.

Terhindar dari penyakit kanker Hati

Kebiasaan bangun kesiangan ternyata amatlah merugikan kesehatan, karena dapat menyebabkan kita terkena penyakit kanker hati. Hal itu karena pada jam 5 hingga 7 pagi merupakan waktu terbaik bagi tubuh untuk membersihkan organ dari segala kotoran dan toksin yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh (de-toksin) melalui BAB. Jika moment tersebut  terus terlewatkan, maka dipastikan penyakit berbahaya siap menyerang Anda.
Semoga informasi diatas dapat membuat kita lebih rajin bangun subuh untuk melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kita, yakni shalat subuh. Dan semoga saja kita mendapatkan segala manfaat dari kebiasaan bangun di waktu subuh.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...