Loading...

Manfaat Buah Pare/Paria Bagi Kesehatan

Siapa sich yang tidak kenal buah Pare/Paria? Meskipun tidak memiliki banyak penggemar karena rasa khasnya yang pahit mencekat, namun buah pare ini memiliki khasiat yang sangat banyak. Bagi yang tidak ingin melewatkan khasiat Pare, mereka rela menempuh berbagai trik untuk menghilangkan rasa pahitnya. Dan, ternyata setelah rasa pahitnya hilang, Pare bisa disulap menjadi masakan yang nikmat dan menggugah selera.
Buah Pare mempunyai nama latin momordica charantina ini berbentuk lonjong seperti buah mentimun, berwarna hijau, dan permukaannya keriting (mirip duri tapi tidak tajam). Bagi penggemar siomay, pasti Anda akan menemukan buah ini sebagai bahan campurannya. Berbicara masalah khasiat Pare, tentulah kita harus mengetahui apa saja kandungan gizi yang ada dalam Pare, yang diantaranya : vitamin K, Vitamin A, Vitamin C,  Kalsium, , Fosfor, Vitamin B1, antioksidan, fitokimia, dan masih banyak yang lainnya.
Nah, agar lebih jelasnya simak beberapa manfaat buah Pare untuk kesehatan berikut ini :

Mencegah dan  Menormalkan kadar gula darah

Bagi yang memiliki resiko terkena diabetes, Anda bisa melakukan upaya pencegahan dengan rutin mengonsumsi buah Pare. Sedangkan bagi yang sudah terkena diabetes, pare berkhasiat membantu menormalkan kadar gula dalam darah penderita.

Mencegah dari serangan Sel kanker

Kandungan zat lesichin dalam buah Pare sangat berkhasiat menangkal sel kanker dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Karena itu, jangan ragu untuk mengonsumsi buah Pare.

Membersihkan darah

Darah kotor dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, karena itu Anda bisa mencegahnya dnegan rutin mengonsumsi pare yang berkhasiat membersihkan darah.

Membantu penderita HIV/AIDS

Kandungan protein MAP 30 atau alpha momocharin dalam buah pare sangat berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh penderita, sehingga kualitas hidupnya semakin meningkat.

Membantu melancarkan ASI

Kandungan gizi yang besar dalam buah pare membuat buah ini sangat bagus dikonsumsi oleh ibu menyusui, karena dapat melancarkan ASI dan membuatnya lebih kental sehingga bayi lebih cepat kenyang.

Dapat membantu program penurunan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dalam buah pare akan membantu seseorang dalam menjalankan program dietnya.

Kecantikan kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam buah pare sangat berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah kulit, misalnya jerawat, dan kerusakan kulit lainnya akibat sinar ultraviolet (UV).

Jangan mengonsumsi Pare apabila…..

Meskipun banyak manfaat buah pare untuk kesehatan, namun khusus ibu hamil tidak boleh mengonsumsinya. kenapa? Karena buah pare memiliki kandungan kina yang dipercaya dapat merangsang penyusutan Rahim dan menjadi penyebab keguguran. Oleh karena itu, bagi ibu hamil sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi pare secara berlebihan, terutama yang memiliki Rahim lemah.
Semoga informasi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...