Loading...

Manfaat Mandi Sebelum Subuh untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mandi merupakan salah satu cara terbaik membersihkan tubuh dari kotoran. Selain itu, mandi juga bisa mendatangkan manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan. Hem.. benarkah itu? Yup, disebutkan dalam beberapa penelitian bahwa mandi sebelum subuh memiliki manfaat yang besar. Duh, padahal pada waktu itu lagi enak-enaknya mendekap selimut ya! Apalagi kalau cuaca dingin dan lagi diguyur hujan, makin sempurna dech rasa malas buat beranjak dari pembaringan.
Okey dech, tidur di waktu sebelum subuh memang enak, tapi akan jauh lebih bermanfaat kalau kita memanfaatkan untuk bangun, mandi dan mengerjakan sunah Rasulullah, yakni shalat sunnah Fajar. Oiya, kembali lagi ke masalah mandi sebelum subuh ya. Mandi akan membantu melenyapkan rasa kantuk dan malas serta membuat tubuh terasa segar dan semangat menjalankan ibadah. Berdasarkan penelitian, semakin pagi kita mandi maka semakin bagus, karena air di pagi hari memiliki kandungan gas O3 (ozon) yang bagus untuk kesehatan.
Dr.Abdul Hamid Dayyat dari Universitas Kairo, Mesir menyatakan bahwa pada waktu fajar (sebelum subuh), gas O3 diudara sangat melimpah dan akan berkurang sedikit demi sedikit hingga matahari terbenam. Gas O3 sangat baik, karena membantu kerja urat saraf, otak dan tulang.
Dr. dr. Aru W. Sudoyo, MD dokter spesialis penyakit dalam dari FK UI dan RS Medistra, menyebutkan bahwa secara medis mandi pagi dapat merangsang sistem peredaran darah dan mengaktifkan syaraf.
dr. Midi Hariyani, SpKK spesialis kulit dan kelamin dari klinik nusantara kuningan menyatakan bahwa mandi subuh membantu membangunkan tubuh yang terlelap, dimana pada saat itu kondisi metabolisme tubuh sedang melambat. Sehingga suhu tubuh akan stabil, kerja jantung lebih bagus, pembuluh darah lebih lancar, dan kulit lebih fresh.
Namun khusus bagi mereka yang menderita penyakit berat, sebaiknya jangan dipaksakan mandi dengan air dingin, tapi gunakan dengan air hangat sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.
Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan beberapa manfaat mandi sebelum subuh untuk kesehatan dan kecantikan, antara lain :

Melancarkan peredaran darah

Kandungan ozon dalam air yang kita gunakan mandi sebelum fajar sangat berkhasiat membantu melancarkan peredaran darah. Dengan begitu tubuh akan lebih sehat dan bertenaga.

Meningkatkan sel darah putih

Mandi air dingin pada pada waktu fajar juga dapat meningkatkan sel darah putih dalam tubuh. Dengan demikian daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit juga akan semakin meningkat sehingga tubuh tidak akan mudah sakit.

Meningkatkan kesuburan

Bagi yang mendambakan ketturunan, yuk biasakan mandi pada waktu fajar karena dapat meningkatkan hormon kesuburan, testoteron pada lelaki dan hormon estrogen untuk wanita.

Mengurangi resiko darah tinggi

Memiliki risiko penyakit darah tinggi, yuk cegah dengan selalu bangun dan mandi di pagi hari karena dapat melancarkan seluruh sirkulasi darah ke organ-organ tubuh. Cara ini merupakan solusi hebat tanpa obat untuk mencegah dan juga menyembuhkan penyakit darah tinggi (hipertensi).

Menghaluskan dan melembutkan kulit

Mandi pagi tidak hanya menyegarkan badan, tapi juga membuat kulit lebih halus dan lembut karena jaringan kulit lebih terpelihara.
Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kita smeua dan pastinya membuat kita lebih rajin bangun pagi untuk menjemput pahala solat sunnah fajar dan berbagai manfaat lainnya.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...