Loading...

Waspadai Bahaya yang Mengintai Di Balik Pesona Batu Akik

Gambar/JPNN
Demam Batu Akik tengah melanda seluruh kalangan masyarakat.  Hampir di seluruh penjuru, orang membicarakan jenis batu-batuan yang memang mempunyai keindahan instrinsiknya. Tidak hanya kaum Adam yang menggilai bebatuan mulia ini, karena kaum Hawa juga mulai ikut-ikutan memburu batu-batuan. Kondisi tersebut membuat harga batu mulia tersebut melambung tinggi. Selain itu, demam batu akik membuat penjual batu akik dan jasa poles batu Akik banyak bermunculan bak jamur di musim penghujan. (Buah dan sayur yang mengandung racun berbahaya)
Fenomena tersebut memang cukup mengagumkan sekaligus menggelikan, bagaimana tidak, demi kegilaannya dengan batu akik, sebagian orang rela mengeluarkan ratusan bahkan milyaran. Bahkan banyak orang rela menghabiskan waktu dan tenaganya untuk berkumpul menyaksikan penjual batu akik yang hampir terdapat di tempat-tempat umum. Tak  bisa dipungkiri, batu akik memang memiliki warna dan bentuk yang indah. Namun dibalik pesona keindahan Batu Akik, ternyata ada banyak bahaya yang mengintai loh. Mau tahu? Simak bahaya yang mengintai dibalik pesona batu akik berikut ini : (Jangan remehkan dosa, sekecil apapun)

Membahayakan Kesehatan Paru-Paru

Bagi Pengrajin dan pemoles Batu akik, moment demam batu akik memang sangat menguntungkan. Namun mereka harus tetap memperhatikan kesehatannya, terutama ketika memotong dan menghaluskan batu, karena debu/butiran halus yang dihasilkan oleh batu tersebut berpotensi membahayakan kesehatan paru-paru. (Fakta aneh tapi nyata dari Batu Akik)
Begitupun bagi Anda penggemar batu akik yang sering mengabaikan kesehatannya ketika berdekatan atau melihat langsung aktivitas para pengrajin/pemoles batu akik. Demi kesehatan Anda, ada baiknya jika Anda menggunakan piranti pengamanan yang baik, misalnya : masker, sarung tangan, alat penutup telinga,  kaca mata, dan lain sebagainya. (Benarkah Rasulullah mengenakan Batu Akik?)

Berpotensi Menyebabkan Bencana Longsor

Meningkatnya permintaan akan bebatuan alam ini dapat menimbulkan masalah lingkungan. Bagaimana tidak, pertambangan batu-batuan alam yang terus-menerus tentu berpotensi melemahkan struktur pertanahan dan memicu longsor. Untuk mengatasinya, Pemerintah harus melakukan upaya pencegahan, misalnya : menetapkan aturan tegas pada penambang batu akik, menyediakan tenaga ahli untuk mendampingi, sanksi tegas bagi penambang bebatuan ilegal yang merusak lingkungan, dan lain sebagainya. (Suara aneh dari langi, Benarkah Sangkakala tanda hari Kiamat?)

Memunculkan Penyakit Pamer dan Sombong

Harga Batu Akik yang melambung membuat sebagian orang bersaing untuk menunjukkan bahwa dialah yang terkaya dengan memamerkan bebatuan mahal yang dikenakannya. Bagi orang yang memiliki batu dengan nilai jual yang tinggi, mereka tak segan-segan lagi meremehkan atau menghina pemilik bebatuan yang harganya murah.   Kesombongan tersebut dapat memicu kecemburuan sosial.

Terjerumus pada Kemusyrikan

Sebagian pengguna batu akik mempercayai dan meyakini bahwa ada jenis bebatuan yang memiliki kelebihan dan mendatangkan keberuntungan bagi pemakainya. Itulah yang sangat dikhawatirkan oleh pemuka agama islam, karena tindakan tersebut mengarah pada kemusyrikan. Ingat, batu akik hanyalah sejenis batu mulia yang memiliki kelebihan dari bentuk maupun warnanya yang indah, tidak lebih dari itu.
Semoga informasi tentang Bahaya yang Mengintai Di Balik Pesona Batu Akik diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...