Loading...

Waspadai, Ternyata Bagian Buah dan Sayuran Ini Mengandung Racun!

Mengonsumsi buah dan sayuran pastilah sudah menjadi keseharian Anda. Namun sadarkah Anda jika ada racun mematikan yang tersembunyi pada beberapa jenis buah dan sayuran yang biasa Anda konsumsi sehari-hari. Anda pasti tercengang membaca informasi ini, kira-kira jenis sayur dan buah apa sajakah yang mengandung racun mematikan? Kita intips aja yuk informasi selengkapnya :

Kentang



Siapa yang menyangka kalau ternyata kentang juga mengandung racun berbahaya? Bagian yang beracun adalah ranting, akar, dan kentangnya. Kentang yang beracun emmiliki ciri-ciri : kulitnya berwarna kehijauan yang merupakan racun glycoalkaloid. Bahaya yang timbul setelah mengonsumsi kentang beracun adalah : badan lemas, koma hingga kematian. Karena itu, berhati-hatilah saat mengolah ketang, pastikan warna kulitnya normal dan tidak berakar.

Tomat

Jangan kaget ya, karena buah tomatnya tidak berbahaya, tapi yang berbahaya adalah bagian ranting dan daunnya. Daund an ranting tomat mengandung glycoalkoid yang menyebabkan gangguan pada perut dan gugup.

Apel

Buah apel memang nikmat disantap langsung maupun di jus. Namun tahukah Anda jika ada bagian dari buah apel yang beracun? Ya, ternyata bijinya. Biji apel memang kecil, namun jangan Anda remehkan, karena didalamnya terdapat zat amigdalin yang apabila bergabung dengan enzime pencernaan maka akan menghasilkan hidrogen sianida yang berbahaya bagi tubuh. Gejala yang dialami akibat keracunan zat ini adalah : mual, muntah, lemas, gemetar, sakit kepala dan jantung berdebar-debar.

Ceri

Buah Ceri memang memiliki warna menarik dan rasanya yang nikmat, tak heran jika beberapa orang menjadikannya sebagai manisan, minuman, garnish, atau dimakan mentah. Meski demikian, harap berhati-hati saat mengonsumsi si kecil nan cantik ini, karena ternyata bijinya mengandung racun hidrogen sianida. Untuk itu, jangan coba-coba mengunyah atau menelan biji Chery ya, karena meski kecil dapat membahayakan kesehatan Anda.

Cabai

Siapa sich yang bisa lepas dari cabai? Yup, sayuran yang satu ini termasuk bahan pokok yang melengkapi setiap masakan. Ternyata dalam cabai mengandung racun yang bernama capsaicin. Racun tersebut yang menjadikan cabai memiliki rasa pedas. Tahukah kalian jika zat kimia dalam cabe sangat keras sehingga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan cat dan bisa digunakan sebagai pepper spray. Mengonsumsi capsaicin dalam jumlah tertentu dapat mengganggu kesehatan, seperti diare hingga kematian.

Biji pala

Biji pala tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi juga menyedapkan masakan. Meski demikian  jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan, karena ternyata didalamnya terdapat racun yang berbahaya, yakni : myristicin. Diantara gejala yang timbul akibat mengonsumsi biji pala dalam jumlah besar, yakni : berdebar-debar, kejang, dehidrasi, dan mual.

Seledri


Mengonsumsi daun seledri mentah secara berlebihan akan berdampak buruk pada kulit, karena kulit lebih sensitif terhadap matahari yang efek jangka panjangnya dapat menyebabkan penyakit kanker kulit. Hal itu, karena kandungan psoralen yang ada dalam seledri. Untuk menghindari efek racun tersebut, Anda bisa menghindari konsumsi seledri mentah berlebihan. Memasak seledri dapat membantu menguraikan zat psoralen sehingga tidak menyebabkan keracunan.
Semoga informasi tentang bagian sayur dan buah-buahan yang beracun diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...