Loading...

Aktivitas Positif dan Menyenangkan Untuk Anak Selama Puasa

Bulan puasa saat ini bertepatan dengan liburan sekolah, artinya waktu anak 24 jam bersama orang tua di rumah. Liburan sekolah memang menyenangkan, tapi jika bertepatan dengan bulan puasa tentunya akan lebih berat bagi anak, karena biasanya berdiam diri akan membuat rasa lapar dan haus menyerang. Apalagi jika anak melihat iklan makanan dan minuman di televisi yang menggoda.
Hem, agar anak tidak merasa bosan dan jenuh saat puasa, orang tua harus menyiasatinya dengan mengajak anak melakukan aktivitas postif dan menyenangkan. Pilihlah aktivitas ringan yang membantu mengalihkan perhatiannya dari rasa bosan, makanan dan minuman yang menggodanya untuk membatalkan puasanya. Apa sajakah itu? Simak beberapa aktivitas positif dan menyenangkan untuk anak selama puasa berikut ini :

•    Mengaji bersama di masjid

Mengaji bersama teman-teman di masjid/mushala sangat membantu mengusir rasa bosan sembari menunggu waktu buka puasa.

•    Berbelanja

Berbelanja termasuk aktivitas yang positif dan menyenangkan bagi anak. Ibu bisa mengajak anak berbelanja bahan makanan untuk buka dan sahur di swalayan/pasar tradisional.

•    Memasak bersama

Tidak ada salahnya mengijinkan anak membantu Anda memasak menu buka puasa dan sahur. Namun ingat, tetap pastikan bahwa aktivitasnya tidak membuat anak berniat menggagalkan puasanya. 

•    Mengajak anak bersedekah/berbagi

Mengenalkan anak untuk berbagi dan bersedekah sangat bagus untuk membangun kepedulian anak terhadap orang lain. Anda bisa mengajak anak mengunjungi panti asuhan untuk memberikan sedekah atau membagikan takjil untuk kaum dhuafa di masjid/jalanan.

•    Membaca buku islami

Membaca dapat meningkatkan pengetahuan anak dan membantu mengalihkan perhatiannya dari rasa lapar/haus. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda membelikan buku-buku bacaan yang bermanfaat untuk anak, misalnya : buku islami, dongeng islami, dan lain sebagainya.

•    Membuat kue lebaran

Melibatkan anak dalam membuat kue lebaran sangat membantu mengusir rasa bosan saan menunggu buka puasa. Pilih kue kesukaannya agar anak bersemangat dalam membantu Anda.

•    Mendekorasi rumah

Saat lebaran, tentu rumah Anda akan dikunjungi tetangga dan saudara bukan? Nah, tidak ada salahnya jika Anda melibatkan anak dalam mendekorasai ulang rumah Anda.
Wah, ternyata banyak juga ya aktivitas positif dan menyenangkan yang bisa dilakukan bareng anak. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua dan membuat anak enjoy menjalankan ibadah puasanya hingga lebaran tiba. Selamat Berpuasa!

Loading...
Previous
Next Post »
loading...