Loading...

Menu Praktis dan Sehat Saat Telat Bangun Sahur

Pernahkah Anda merasa nyenyak dalam tidur hingga tanpa sadar waktu sahur hampir habis? Wah, pasti panik sekali, bukan! Mau tidak puasa, tapi bayar hutang puasa pasti jauh lebih berat. Mau puasa, tapi takutnya jadi loyo akibat tidak makan sahur yang lengkap. Makan sahur memang tidak wajib alias sunnah, namun hal ini sangat penting untuk menjaga kebugaran dan asupan nutrisi selama berpuasa seharian.
Ketika bangun sahur sudah mepet adzan subuh, Anda pasti tidak sempat lagi mempersiapkan makan sahur yang lengkap. Tidak mengapa, asalkan masih ada waktu, segera buat santapan sahur praktis dan sehat. Hem, daripada bingung, simak menu praktis dan sehat saat telat sahur berikut ini :

Buah-buahan

Buah-buahan termasuk menu praktis dan sehat untuk sahur, karena mengandung nutrisi penting yang membantu tubuh agar tetap bugar seharian. Buah-buahan yang bagus dikonsumsi saat sahur, antara lain : pisang, pepaya, apel, pir, dan lain sebagainya.

Lauk kering

Bangun terlambat saat sahur? Tidak masalah, apalagi jika Anda selalu sedia lauk kering. Lauk kering sangat beragam, diantaranya : serundeng ayam, kering kentang, kering tuna, dendeng daging, dan lain sebagainya.  Tidak perlu ribet memasak, tinggal campur sama nasi, beres dech.

Jus buah dan sayur

Selain buah-buahan segar, Anda juga bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian dnegan mengonsumsi jus kombinasi buah dan sayuran. Selain praktis, jus buah dan sayur juga enak dan mengenyangkan lebih lama.

Oats

Oats atau gandum termasuk makanan penyelamat saat telat bangun sahur. Selain enak, oat juga membuat kenyang lebih lama dan sehat. 

Sereal dan susu

Saat telat sahur, Anda bisa membuat sereal dan susu sebagai menu praktis dan sehat untuk bekal menjalankan puasa seharian. Hal ini masih lebih baik dibandingkan harus bolong puasanya.

Roti gandum

Roti gandum bisa menjadi pilihan yang tepat saat sahur telat. Selain mengenyangkan, roti gandum juga menyehatkan. Tinggal mengoleskan madu, sari kurma, atau selai kesukaan, dijamin dech puasa bakal lancar.

Telur

Telur juga bisa menyelamatkan di waktu genting. Anda bisa merebus telur atau menggorengnya untuk dimakan sama roti, mie atau nasi.
Nah, jika Anda termasuk orang yang sulit terjaga waktu sahur, ada baiknya siapkan beberapa jenis bahan makanan praktis dan sehat untuk waktu genting tersebut. Semoga informasi tentang menu praktis dan sehat saat telat sahur diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.


Sumber gambar : Molto.co.id

Loading...
Previous
Next Post »
loading...