Loading...

Tips Memilih dan Mengolah Kolang Kaling yang Enak dan Empuk

Saat ramadhan, olahan kolang kaling cukup populer dibandingkan bulan-bulan biasanya. Kolang kaling biasa diolah sebagai kolak, puding, manisan, es campur, dan lain sebagainya. Besarnya permintaan konsumen membuat pedagang kolang kaling membludak saat ramadhan.(6 Jenis Sirup buah yang enak dan sehat untuk bulan ramadhan)
Memilih kolang kaling yang berkualitas tidaklah mudah, apalagi saat ini demi mendapatkan untung besar, ada sebagian pedagang nakal yang mencampur kolang kaling dengan formalin dan pemutih berbahaya. Nah loh, memangnya Anda mau keluarga tercinta mengalami masalah kesehatan hanya karena Anda kurang selektif? Meskipun terlihat sepele, memilih kolang-kaling harus selektif, karena salah pilih akan membuat Anda terjebak membeli kolang-kaling berformalin, basi, keras, dan tidak sesuai harapan. (Manfaat tersembunyi Kolang kaling Untuk Kesehatan)
Kolang kaling yang enak memiliki tekstur yang lembut, kenyal, dan nikmat. Untuk memastikan kolang kaling yang Anda pilih berkualitas baik, simak ciri-cirinya berikut ini:

Air rendaman jernih

Sebelum memutuskan membeli kolang kaling, pastikan Anda memperhatikan air rendamannya. Jika airnya jernih (tidak berbusa/berlendir), maka Anda bisa membelinya.
Pilih

Cium aromanya

Kolang kaling yang bagus adalah yang tercium aroma segar seperti aren. Bau kecut menandakan kolang kaling tidak segar atau sudah lama.

Lihat bentuk dan warnanya

Pilihlah kolang kaling yang bentuknya pipih, lebar dan berwarna bening karena ciri-ciri tersebut menunjukkan jika kolang kaling masih muda dan rasanya empuk kenyal. Hindari memilih kolang kaling bentuknya bulat, karena sudah tua dan teksturnya agak keras.

Awas hindari Kolang kaling berformalin!

Kolang kaling termasuk bahan makanan yang mudah rusak, karena itu sebagian oknum pedagang nakal berusaha menyiasati demi mendapatkan untung besar, misalnya dnegan mencampur formalin dan pemutih pada kolang kaling agar tidak mudah busuk/bau. Simak ciri-ciri kolang kaling berformalin yang diantaranya : aroma khas aren hilang, tidak dihinggapi lalat, warnanya putih pekat dan mengkilat, dan lebih kenyal. Yuk lebih selektif memilih!

Mengolah kolang kaling enak, empuk, dan wangi

Setelah memilih kolang kaling yang berkualitas, Anda tentu harus mengolahnya menjadi makanan yang enak. Nah, untuk mengolah kolang-kaling yang empuk, lembut dan wangi, perhatikan tips-tips berikut ini :

•    Hilangkan lendir kolang kaling dengan mencucinya berkali-kali hingga bersih dan kesat

•    Agar kolang kaling beraroma wangi dan segar, Anda bisa merebus kolang kaling bersama daun pandan dan daun jeruk purut.

•    Agar kolang kaling lebih awet dan tahan lama, Anda bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan memasukkan kedalam lemari es

Semoga informasi dan Tips Memilih dan Mengolah Kolang Kaling yang Enak dan Empuk diatas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...