Loading...

Awas! Makanan Ini Menyebabkan Perut Kembung

Kembung termasuk salah satu masalah perut yang membuat seseorang tidak nyaman dan tidak bebas menjalankan aktivitas. Perut kembung umumnya ditandai dengan sensasi “begah/penuh”pada perut dan jika ditepuk, maka akan berbunyi seperti gendang. Memang sich, saat ini banyak obat-obatan yang bisa mengatasi masalah perut kembung, namun dibandingkan mengobati, upaya pencegahan tentu tentap lebih baik. (Pembalut Berbahan Kimia, Intip Bahayanya)
Perut kembung memang bukanlah masalah yang serius, namun jika terlalu sering bisa jadi merupakan gejala awal masalah kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar segera diketahui masalahnya. Untuk mencegah perut kembung, tentu saja kita harus mengetahui penyebabnya. Salah satu penyebab perut kembung yang paling umum adalah makanan dan minuman. Kira-kira makanan/minuman apa sajakah yang menyebabkan perut kembung? Simak informasinya berikut :

1.    Sayuran

Sayur-sayuran memang kaya nutrisi yang bagus untuk kesehatan, namun beberapa jenis sayuran justru memicu perut kembung, diantaranya : sawi, kubis, brokoli, kol,sawi putih, pokcoy, dan lain sebagainya. Jika Anda sering mengalami perut kembung, ada baiknya jika Anda menghindari beberapa jenis sayuran tersebut agar kondisi perut Anda tidak semakin memburuk. (Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat dan Berkualitas)

2.    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk makanan kaya nutrisi dan tinggi serat yang bagus untuk kesehatan. Namun jika dikonsumsi berlebihan, kacang-kacangan bisa menyebabkan kembung. Karena itu, pastikan mengonsumsinya dalam porsi seimbang.

3.    Minuman bersoda

Minuman bersoda termasuk salah satu minuman yang kurang baik untuk kesehatan, salah satunya perut kembung. Saat minum minuman bersoda, Anda bersendawa untuk mengeluarkan angin, namun ternyata masih ada sebagian yang terjebak di perut sehingga menyebabkan perut terasa kembung.

4.    Makanan berlemak

Makanan berlemak sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat mengganggu kesehatan.  Lemak dapat mengganggu kinerja perut sehingga masalah kembung akan sulit dihindari.

5.    Makanan/minuman dengan pemanis beralkhohol

Salah satu pemicu perut kembung adalah makanan yang mengandung pemanis beralkhohol (xylitol, mannitol, dan sorbitol), karena makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik.

6.    Gandum

Gandum sebenarnya baik dikonsumsi karena kaya serat dan nutrisi. Namun, serat dikombinasi dengan pati akan membuat perut kembung, apalagi jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Kabar baiknya, sistem pencernaan Anda akan beradaptasi dengan serat ekstra, sehingga akan mengurangi gas dalam perut sedikit demi sedikit.

7.    Susu dan produk olahannya

Susu dan produk susu menjadi salah satu penyebab perut kembung, terutama bagi orang yang memiliki masalah intoleransi laktosa. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti susu bebas laktosa atau konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.
Semoga informasi tentang makanan/minuman yang menyebabkan perut kembung diatas dapat menambah pengetahuan kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...