Loading...

Jangan Menggaruk Perut Saat Hamil, Ini Solusinya!

Saat kehamilan memasuki trimester akhir, umumnya kulit akan mengalami peregangan atau stretch mark. Pada saat itu, biasanya wanita hamil akan merasakan gatal yang amat sangat pada bagian perut. Penyebab rasa gatal diperut saat hamil tua sangat beragam, diantaranya : kondisi perut yang membesar, perubahan hormon selama kehamilan, cuaca panas, dan lain sebagainya. (Pembalut Berbahan Kimia, Intip Bahayanya Yuk!)
Menggaruk menjadi solusi yang menurut ibu mampu menghentikan sensasi gatal di perut. Kenyataannya, menggaruk kulit saat hamil dapat menimbulkan garis
putih, merah, bahkan kehitaman yang membekas di perut secara permanen. Kondisi tersebut tentulah dapat merusak keindahan kulit dan membuat rasa percaya diri berkurang. Nah, agar kejadian tersebut tidak menimpa Ibu hamil, maka simak solusi untuk mengatasi gatal di perut saat hamil berikut ini :

•    Pilih pakaian yang nyaman

Gunakan pakaian berbahan katun dan longgar agar bisa menyerap keringat penyebab rasa gatal. (Modus Kejahatan Menjelang Lebaran dan cara Menghindarinya)

•    Lidah buaya

Lidah buaya bisa membantu menjaga kelembaban alami kulit, mencegah rasa gatal dan mengurangi stretch mark.

•    Kompres dingin

Untuk mengurangi rasa gatal, ibu bisa mengompres perut menggunakan kain dingin

•    Olesi minyak zaitun

Minyak zaitun sangat bagus untuk kulit, karena membantu melembabkan dan menghaluskan kulit.

•    Hindari paparan udara terik

Cuaca panas akan memicu rasa gatal pada ibu hamil, karena itu pastikan gunakan pelindung dari panas dan pakaian yang dapat menyerap keringat.

•    Hindari mandi dengan air hangat

Hangat memang bisa mengurangi rasa gatal sesaat, namun risikonya kulit akan menjadi kering dan justru memicu gatal yang berlebih.

•    Ganti pakaian secara teratur

Ketika pakaian berkeringat, segera ganti dnegan yang baru, karena keringat berlebih dapat memicu tumbuhnya bakteri yang membuat kulit makin gatal.

•    Usap perlahan dengan telapak tangan

Hindari menggaruk kulit dnegan kuku, tapi cukup usap perlahan dengan telapak tangan.

•    Penuhi asupan cairan

Agar kulit terjaga kelembapannya, pastikan Anda memenuhi asupan cairan setiap harinya. Jika kelembapan kulit terjaga, niscaya rasa gatal berlebih tidak akan mengganggu kehamilan Anda.
Buku yang cocok untuk teman menanti kehamilan, dan menanti persalinan
Semoga solusi yang tersebut diatas dapat membantu meminimalisir rasa gatal yang mengganggu selama kehamilan dan semoga kehamilannya lancer hingga proses persalinan. Amiin..

Loading...
Previous
Next Post »
loading...