Sudah Benarkah Shalat Idhul Fitrimu? Intip Yuk!

Ramadhan telah berlalu, berganti hari yang fitri. Alhamdulillah, besuk hari raya akan kita jelang bersama. Shalat Idhul Fitri termasuk ibadah sunnah yang akan dikerjakan sebagai pertanda Ramadhan telah usai, yakni tepat pada 1 Syawal tahun hijriah. Mungkin masih banyak yang belum tahu, apa sich hukum dari Shalat Idhul fitri? Hukum Shalat idhul fitri adalah sunnah muakkad/sunnah yang dianjurkan.
Rasulullah sangat menganjurkan Shalat Sunnah Idul Fitri loh. Tidak percaya, simak aja dech hadits berikut ini:
Nabi Muhammad SAW bersabda : “Dari Ummu ‘Athyyah berkata : “Kami diperintahkan keluar (untuk) shalat hari raya, bahkan anak-anak gadis (juga diperintahkan) keluar dari pingitannya (untuk) shalat hari raya, juga perempuan-perempuan yang sedang haid (datang bulan), namun mereka hanya berada di belakang orang banyak maka mereka turut bertakbir dan berdoa bersama-sama dan mereka mengharapkan memperoleh keberkahan dan kesucian hari itu”. (HR. Bukhari).

Kapan Shalat Idhul Fitri dilaksanakan?

Dilaksanakan pada 1 Syawal. Adapun pelaksanaan shalat idhul fitri sendiri adalah pada pagi hari, yakni saat matahari terbit hingga matahari tergelincir (datangnya waktu dhuhur).

Bagaimana Cara Mengerjakan Shalat Idhul Fitri?

Pada intinya, cara mengerjakan shalat Idhul Fiti tidak jauh beda dengan shalat sunnah yang lainnya. Shalat idul fitri dikerjakan hanya dua rakaat dan dikerjakan secara berjamaah. Yang membedakan Shalat idul fitri dnegan shalat sunnah lainnya adalah jumlah takbirnya, yakni 7 kali takbir pada rakaat pertama dan 5 kali takbir pada rakaat kedua. Selain itu, lafatdz niatnya juga ada sedikit perbedaan. Agar tidak bingung, simak lafatdz niat Shalat Idul Fitri berikut :
USHOLLI SUNNATA LI ‘IIDIL FITHRI ROK’ATAINI LILLAAHI TA’AALA. ALLAAHU AKBARU.
Artinya : “Saya berniat shalat hari raya Fitri dua rakaat karena Allah Ta’ala. Allaahu Akbar”.

Apa yang Harus dibaca Setelah Takbir?

Ternyata masih ada yang bingung, apa sich yang harus dibaca setelah takbir pada rakaat pertama maupun kedua. Untuk itu, simak aja dech penjelasan berikut :
Subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar
Artinya: Mahasuci Allah dan segala puji bagi Allah dan tiada Tuhan selain Allah dan Allah Mahabesar.
Setelah itu, silahkan baca Surat al fatihah sebagaimana shalat biasanya. Semoga informasi yang tersaji diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Taqabalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum. Ied Mubarak. Semoga saja kita masih diberi kesempatan untuk berjumpa dnegan Ramadhan Tahun Depan. Amiin….YRA

Loading...
Previous
Next Post »
loading...