Loading...

Cara Mengobati Diare pada Anak dengan Bahan Alami

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami anak-anak. Diare sendiri merupakan gangguan kesehatan dimana tinja menjadi lembek atau cair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya. Diare pada anak kecil harus ditangani dengan tepat dan cepat karena dapat menimbulkan dehidrasi berat hingga kematian. Sebenarnya, apa sich penyebab diare pada anak? Ternyata banyak sekali penyebab diare pada anak, diantaranya : alergi makanan, salah minum obat, keracunan makanan, kebersihan yang tidak terjaga, infeksi bakteri, kelelahan dan lain sebagainya. (Rahasia dibalik Bersin yang Sering Diabaikan)
diare/diarepadaanak.com

Apapun penyebabnya, diare pada anak tetap harus ditangani dengan baik. Penuhi kebutuhan cairan anak karena diare dapat menguras cairan yang mengakibatkan dehidrasi. Agar tidak salah langkah, simak cara mengobati diare pada anak dengan Bahan alami berikut ini :

Berikan Larutan Gula dan Garam

Saat diare, anak kehilangan banyak cairan elektrolit yang keluar melalui diare. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan larutan gula dan garam. Mungkin anak akan kurang menyukainya, namun ada baiknya Anda sedikit memaksanya demi memenuhi cairan tubuhnya yang hilang.

Berikan Sari jambu merah

Jambu merah ampuh membantu menghentikan diare pada anak. Caranya sangat mudah, cukup memblender buah jambu merah, lalu menyaring airnya saja dan berikan pada anak. Jika tidak memiliki blender, Anda bisa menghancurkan dengan tangan hingga lembut, kemudian menyaringnya. Tambahkan gula secukupnya dan minumkan pada anak.

Berikan makan sedikit tapi sering

Saat diare, biasanya nafsu makan anak akan ikut menurun. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberinya makanan dalam porsi sedikit tapi sering.

Berikan buah pisang

Pisang sangat ampuh membantu mengatasi diare pada anak maupun dewasa. Kandungan potasium dan kalium dalam pisang membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang saat diare. Selain itu, pisnag juga mengandung pectin yang membantu tubuh menyerap cairan jahat dalam usus dan mengeluarkannya bersama kotoran dan zat inulin yang membantu menghidupkan bakteri baik di usus. Pisnag juga memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Berikan tempe

Tempe termasuk makanan yang baik dikonsumsi saat diare, karena mengandung protein tinggi yang baik dan mudah dicerna tubuh sehingga membantu menyembuhkan diare. Berikan tempe sebagai cemilan untuk anak atau lauk makan nasi.
Jika diare tak kunjung membaik setelah lebih dari sehari, ada baiknya segera hubungi dokter agar risiko buruk dapat dihindarkan.
*Cara diatas biasa saya praktekkan ketika anak diare

Loading...
Previous
Next Post »
loading...