Loading...

Jangan Remehkan Tempe, Ini 9 Manfaat Rahasia Tempe Untuk Kesehatan

Siapa sich yang tidak kenal Tempe? Tempe merupakan sumber protein yang dibuat dari kedelai. Tempe tidak hanya memiliki rasa yang enak, tapi harganya juga sangat ramah di kantong serta mudah ditemukan. Sayangnya, tak banyak yang menyadari, bahkan banyak yang memandang sebelah mata pada makanan yang satu ini. Padahal tempe sangat kaya gizi dan lebih mudah dicerna hingga sangat baik untuk bayi hingga manula. Tempe bisa disajikan dalam berbagai resep masakan, misalnya : tempe goreng, kripik tempe, nugget tempe, pepes tempe, tempe bacem, dan lain sebagainya. (Cara Mengobati Diare Pada ANak dengan Bahan Alami)

Kandungan Gizi Tempe

Di balik penampilan tempe yang sederhana, ternyata tempe mempunyai segudang manfaat dan keistimewaan dari segi nilai gizi. Kadungan gizi tempe, antara lain : karbohidrat, protein, golongan vitamin B (Vitamin B1, Vitamin B2, niasin, asam pantorenat, Vitamin B6, dan Vitamin B12), karoten, serat, lemak sehat, kalsium, fosfor, dan zat besi. (Agar Wajah Lebih Putih Dalam Semalam, Gunakan Scrub Ajaib Ini)

Rahasia Manfaat Tempe untuk Kesehatan

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa tempe memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan, padahal tempe ampuh mengatasi masalah disentri, kolesterol tinggi dan berbagai penyakit. Daripada penasaran, simak manfaat rahasia tempe untuk kesehatan berikut ini :

Mencegah Osteoporosis

Tempe juga kaya kalsium yang membantu mencukupi mineral kalsium sehingga kesehatan tulang terjaga dan menurunkan risiko penyakit osteoporosis.

Mencegah dan Mengatasi Anemia

Wanita rentan terserang anemia, terutama ketika haid, hamil atau menyusui. Nah, kandungan zat besi yang tinggi dalam tempe sangat bagus untuk mencegah dan juga mengatasi masalah anemia.

Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan protein, serat, niasin dan asam lemak PUFAT dalam tempe sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat dalam darah yang dapat membahayakan kesehatan.

Menyehatkan pencernaan

Proses fermentasi membuat kedelai lebih lunak sehingga mudah dicerna dan diserap oleh pencernaan bayi hingga manula. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada tempe ampuh menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kaya antioksidan

Kandungan isoflavon dalam kedelai merupakan sumber antioksidan alami yang bagus untuk menangkal radikal bebeas, masalah penuaan dini dan serangan penyakit degenerative.

Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dalam tempe ampuh membantu menangkal paparan radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab penyakit kanker. Nah, menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Carolina, Amerika Serikat, kandungan isoflavon jenis genestein dan phytoestrogen dalam tempe aprostat dan kanker payudara.
Hem, ternyata ada banyak manfaat rahasia dari tempe yang tidak diketahui banyak orang. Semoga informasi diatas membuat Anda tidak ragu lagi menempatkan tempe dalam daftar belanja harian.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...