Manfaat Luar Biasa Tidur Miring Ke Kanan Bagi Kesehatan Tubuh

Tidur yang cukup memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Tidur bukan sekedar memejamkan mata saja, namun bagaimana kita tidur dengan posisi yang tepat dan baik untuk kesehatan. Bayangkan betapa banyak efek buruk akibat posisi tidur yang tidak tepat, diantaranya : tidak nyaman, tubuh terasa pegal, kram, leher kaku, dan lain sebagainya. (Bahaya Pada Otak Akibat Hobi Nonton Video Porno)
tidur/www.dakwatuna.com
Mungkin tidak banyak yang tahu bagaimana posisi tidur yang tepat dan baik bagi kesehatan. Padahal sudah berabad-abad lalu Rasulullah sudah menganjurkan pada umatnya untuk tidur miring ke kanan, karena memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, berbagai penelitian ilmiah membuktikan bahwa tidur miring ke kanan ala Rasulullah memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain :

Mengurangi beban kerja jantung

Jantung selalu berdetak tanpa henti sepanjang hari untuk memompa darah dan mengalirkan ke seluruh tubuh. Bisa dikatakan bahwa jantung merupakan organ tubuh yang memiliki beban kerja sangat berat. Tidur dengan posisi miring ke kanan akan membantu mengurangi beban kerja jantung dan meminimalisir masalah kesehatan jantung. Selain itu, tidur miring ke kanan dapat melindungi jantung dari posisi tertindih atau tertekan organ lainnya. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah dengan jantung, sangat disarankan untuk memilih posisi tidur miring ke kanan agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Mengistirahatkan otak kiri

Tidur tidak hanya mengistirahatkan tubuh, tapi juga otak. Seperti yang kita tahu, otak kita dibagi menjadi 2 bagian penting, yakni otak kiri dan kanan. Penelitian membuktikan bahwa otak kiri lebih banyak dipergunakan manusia dalam proses berfikir secara logika maupun dalam berbahasa. Tidur posisi miring ke kanan membantu otak kiri untuk beristirahat sehingga ketika bangun otak kiri akan jauh lebih prima.

Melancarkan proses buang air besar (BAB)

Anda mengalami kesulitan BAB? Atasi dengan kebiasaan tidur miring ke kanan yuk, karena cara ini akan membantu mempercepat proses pengisian pada usus besar sigmoid.

Mengistirahatkan lambung

Lambung manusia memiliki bentuk seperti tabung berbentuk koma yang dilengkapi dengan ujung katup menuju ke usus.  Apabila seseorang tidur dalam posisi miring ke kiri, maka dapat mengganggu proses pengeluaran chime (makanan yang sudah dicerna dan bercampur dengan asam lambung). Kondisi ini dapat menyebabkan proses pengosongan lambung menjadi lebih lambat. Sebaliknya, posisi tidur miring ke kanan dapat membuat kinerja lambung lebih longgar dan membantu melancarkan proses pengeluaran chime.

Meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas

Lancarnya proses pengeluaran  chime dapat meningkatkan keluarnya cairan empedu yang bermanfaat mencegah pembentukan batu kandung empedu.

Penyerapan zat gizi lebih optimal

Tidur miring ke kanan membuat perjalanan makanan yang sudah dicerna dan siap diserap menjadi lebih lama. Hal ini akibat posisi usus halus dan usu besar berada di bawah sehingga memungkinkan penyerapan gizi lebih optimal.

Menjaga kesehatan paru-paru.

Paru-paru kiri memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan paru-paru kanan. Ketika Anda tidur miring ke kanan, maka posisi jantung akan condong ke sebelah kanan. Hal itu tidak masalah karena ukuran paru-paru kanan lebih besar, sebaliknya jika miring ke kiri, maka otomatis jantung akan menekan paru-paru yang kecil sehingga kurang baik untuk kesehatan.
Membiasakan tidur dalam posisi miring ke kanan tidak hanya mengikuti sunnah Rasul, tapi juga membantu mengistirahatkan organ tubuh sehingga kesehatan senantiasa terjaga sepanjang waktu.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...