Awas, 7 Makanan Ini Berbahaya Bagi Usus Anda

Menjaga kesehatan usus agar bisa berfungsi dengan baik adalah hal yang wajib dilakukan. Sayangnya, banyak sekali makanan yang tidak disadari justru dapat menyebabkan kerusakan pada usus. Padahal usus memiliki peran yang sangat penting dalam pencernaan, diantaranya : memecah lemak, pati dan protein menjadi asam amino, asam lemak, dan gula sederhana yang kemudian diserap dan dikirim ke sel-sel tubuh. Bayangkan jika usus mengalami kerusakan, pasti secara otomatis akan mempengaruhi kesehatan organ tubuh yang lain, bukan? (Cara Alami Atasi Flu dan Pilek Secara Alami)
Usus/ThiềnTịnhMật
Agar usus Anda sehat dan bisa berfungsi dengan baik, selain wajib menjaga pola makan sehat, Anda juga wajib menghindari beberapa jenis makanan yang dapat merusak usus. Hem, kira-kira apa sajakah jenis makanan tersebut? Simak informasinya berikut ini : (Hindari 10 kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal)

1.    Junk Food

Junk food termasuk makanan yang kurang baik bagi kesehatan, termasuk usus. Kenapa demikian? Karena junkfood mengandung sedikit nutrisi, tapi kaya lemak dan zat kimia (pengawet dan pewarna) tertentu yang membahayakan usus. (Redakan Sakit dengan memijat 7 Bagian Tubuh Ini)

2.    Gorengan

Mengonsumsi gorengan terlalu sering tidak hanya menyebabkan obesitas tapi juga merusak usus. Hal itu, karena gorengan mengandung kalori, lemak dan oksida tinggi. Kebanyakan gorengan diproses dengan minyak goreng yang berulang-ulang sehingga zat karsiogenik penyebab kanker siap mengancam Anda. (Awas, Ada 8 Sumber Bakteri di Dapur Anda)

3.    Mie Instan

Mie instan termasuk makanan yang mengandung garam dan lemak yang sudah jelas merusak kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Kadar garam tinggi dapat memberatkan kinerja ginjal, meningkatkan tekanan darah dan memberatkan pembuluh darah jantung. Lemak dalam mie instan dapat memberatkan kinerja usus.

4.    Daging olahan

Daging yang diproses (sosis, ham) mengandung garam nitrit yang menjadi pemicu kanker. Selain itu zat pengawet dan pewarna dalam daging yang diproses dapat memperberat kinerja hati dan tentunya usus.

5.    Jerohan

Jerohan memang kaya protein yang baik, vitamin dan mineral, namun didalamnya mengandung kolesterol dan lemak jenuh yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Selain itu, mengonsumsi jerohan dalam waktu lama dapat menyebabkan tumor ganas pada usus/kanker usus besar. Hem, masih mau mengonsumsi jerohan?

6.    Makanan kalengan

Kebanyakan makanan kalengan minim gizi, karena kandungan nutrisinya sudah rusak  atau mengalami penurunan. Selain itu makanan kalengan mengandung gula atau garam tinggi serta pengawet yang memberatkan kinerja organ tubuh, termasuk usus.

7.    Makanan yang diasinkan

Makanan asinan mengandung garam tinggi dalam proses pembuatannya, padahal kandungan garam tinggi dapat memberatkan kerja ginjal, merusak selaput lendir lambung dan usus. Penambahan ammonium nitrit dalam asinan juga dapat meningkatkan risiko kanker.
Dengan memilih makanan yang sehat dan bergizi serta membatasi makanan-makanan yang disebutkan diatas, niscaya usus akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

sumber : disadur dari beberapa sumber

Loading...
Previous
Next Post »
loading...