Loading...

Ingin Ginjal Sehat? Hindari 10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal Anda

Sudahkah Anda menghargai ginjal kita hari ini? Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting karena bertugas menyaring darah, menghilangkan racun tubuh, memproduksi hormone, menetralkan zat asam dan menyerap mineral. Bayangkan jika ginjal kita tak berfungsi sempurna dalam waktu sehari saja, apa yang akan terjadi? Nah, menyadari pentingnya fungsi ginjal, maka sudah selayaknya kita memberikan penghargaan pada ginjal, yakni dengan cara menjaganya baik-baik dan berusaha menghindari beberapa hal yang berpotensi merusak ginjal.
10 kebiasaan yang dapat merusak ginjal
Ginjal/www.reportase5.com
Kerusakan atau penurunan fungsi ginjal umumnya tidak terjadi secara langsung, tapi terjadi bertahap sehingga mungkin tidak disadari selama bertahun-tahun. Nah, daripada terlambat, lebih baik Anda mulai merawat dan menjaga kesehatan ginjal dengan cara menghindari beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat memicu kerusakan ginjal berikut ini :

1.    Kekurangan cairan

Cairan sangat penting untuk membantu kinerja ginjal dalam menyaring darah dan menghilangkan racun tubuh serta sisa-sisa metabolism tubuh. Bayangkan jika darah terlalu kental, otomatis kinerja ginjal akan semakin berat, bukan? Jika kekurangan cairan tidak segera diatasi, maka racun dan sisa metabolism akan mengendap dalam ginjal dan memicu kerusakan/penurunan fungsi. (Stop Buang Kulit Kentang, Rasakan manfaatnya Bagi Kesehatan)

2.    Kebiasaan Menahan kencing

Apapun alasannya, jangan pernah memelihara kebiasaan menahan kencing, karena dapat meningkatkan tekanan pada ginjal. Jika hal itu tidak segera diatasi dnegan baik, maka dapat berdampak buruk, dari mulai gagal ginjal, batu ginjal, dan inkontinensia.

3.    Asupan garam berlebih

Garam berlebih dapat menyerap cairan tubuh dan menyebabkan tekanan darah tinggi yang akhirnya dapat membebani kinerja ginjal. Sebisa mungkin, bijaklah mengonsumsi garam agar tubuh sehat dan ginjal juga terjaga. (Manfaat Ajaib Kentang Untuk Kesehatan dan Kecantikan)

4.    Asupan gula berlebih

Efek gula tidaklah semanis rasanya, terutama bagi ginjal, karena sebuah Studi ilmiah menunjukkan jika gula menyebabkan munculnya protein dalam urin. Padahal protein yang keluar bersama urine merupakan pertanda jika ginjal tidak berfungsi dengan baik.

5.    Minuman berenergi

Minuman berenergi mungkin bisa meningkatkan stamina Anda, namun tidak bagi ginjal. Karena kandungan kimia dalam minuman berenergi membuat ginjal kita harus bekerja ekstra keras untuk menyaringnya. Jika dilakukan secara terus menerus, maka ginjal akan mengalami penurunan fungsi. (Cara Ampuh Hilangkan Bau tidak Sedap di Kaki)

6.    Me*ok0k

Me*ok0k tidak hanya merusak jantung, tapi juga ginjal Anda. Bagaimana bisa? Racun dalam r0k0k bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan mengganggu sirkulasi darah di beberapa organ penting dalam tubuh, termasuk ginjal.

7.    Begadang

Begadang merupakan kebiasaan yang merugikan kesehatan organ tubuh, termasuk ginjal. Istirahat malam dapat membuat tubuh melakukan beberapa perbaikan terhadap jaringan tubuh yang rusak, termasuk pada jaringan ginjal. Jika kesempatan tersebut terlewatkan, maka bersiaplah mengalami beberapa kerusakan pada organ tubuh.

8.    Minum kopi

Kopi mengandung kafein tinggi yang berpotensi menyebabkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut tentu berpengaruh pada ginjal, karena saat tekanan darah pada tubuh tinggi, maka secara otomatis tekanan darah pada ginjal juga ikut meninggi. Akibat jangka panjangnya tentu dapat merusak ginjal.

9.    Kurang olahraga

Olahraga membuat organ tubuh sehat serta mampu berfungsi dengan baik, termasuk ginjal. Ketika kita kurang olahraga, maka sirkulasi tubuh tidak berjalan lancar, lemak tubuh akan menumpuk dan memberatkan kinerja organ tubuh, termasuk ginjal. Nah, sudahkah Anda olahraga hari ini?

10.    Kekurangan Vitamin dan mineral

Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi akan membuat tubuh sehat dan terhindar dari penyakit, termasuk penyakit ginjal. Usahakan penuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari agar Anda terhindar dari risiko batu ginjal atau gagal ginjal.
Agar ginjal sehat dan terhindar dari masalah, sebisa mungkin hindari beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal diatas.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...