Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan 10 Makanan Ini

Paru-paru termasuk organ tubuh yang sangat penting dan berperan aktif bagi system pernafasan kita. Menjaga dan merawat paru-paru agar berfungsi sempurna harus kita lakukan, karena tidak berfungsinya paru-paru dengan baik dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kematian. Beberapa fungsi paru-paru kita, antara lain : sebagai alat respirasi, system eksresi, mengendalikan pH darah, berperan sebagai reservoir darah dan masih banyak yang lainnya. (Awas, Jangan Lakukan 7 Kebiasaan ini Saat Menstruasi)
Paru-paru/disehat.com
Menjaga kesehatan paru-paru tidaklah mudah, apalagi hampir setiap hari tubuh kita terpapar debu, polusi, asap r0k0k, knalpot kendaraan, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, selain meminimalisir risiko paparan polusi dan asap, ada baiknya Anda rajin mengonsumsi makanan yang menyehatkan pru-paru. Hem, kira-kira apa sajakah makanan tersebut, simak informasinya berikut ini : (Bahaya Meremehkan Dosa Kecil)

1.    Buah dan sayur yang kaya Karotinoid

Kandungan karotinoid dalam buah dan sayuran berperan sebagai antioksidan yang meminimalisir risiko kanker paru-paru. Diantara jenis buah dan sayur yang kaya karotinoid, antara lain : labu kuning, tomat, wortel, ubi jalar, sayuran hijau gelap, dan masih banyak yang lain. (Putihkan Ketiak dan Selangkangan dengan 9 bahan Ini)

2.    Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin yang berkhasiat melawan infeksi dan meminimalisir peradangan pada paru-paru.

3.    Makanan kaya asam lemak omega 3

Makanan jenis ini biasa kita temukan pada ikan berlemak, misalnya salmon, sarden, tuna, makarel. Menurut penelitian, Asam lemak omega 3 pada ikan memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan paru-paru.

4.    Makanan kaya Vitamin C

Vitamin C termasuk nutrisi yang berperan penting untuk kesehatan paru-paru. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C setiap harinya agar paru-paru Anda sehat. Sumber vitamin C, antara lain : jeruk, anggur, apel, tomat, jambu merah, dan masih banyak yang lainnya.

5.    Makanan kaya folat

Folat dapat melindungi paru-paru Anda dari sel-sel kanker. Konsumsi makanan yang mengandung folat, diantaranya : bayam, jeruk, alpukat, asparagus, brokoli dan lain sebagainya.

6.    Biji-bijian dan sereal

Kandungan serat tinggi dalam sereal dan biji-bijian sangat bagus untuk menjaga kesehatan paru-paru.

7.    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan asam lemak, protein dan antioksidan yang bermanfaat membersihkan paru-paru.

8.    Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang kaya akan kurkumin yang berkhasiat menghancurkan sel kanker dan pertumbuhan tumor pada paru-paru.

9.    Buah Berry

Buah berry kaya akan flavonoid, lutein, karoten, dan zeaxanthin yang membantu membersihkan zat karsinogen pada paru-paru.

10.    Jahe

Jahe tidak hanya berkhasiat menghangatkan badan, tapi juga membersihkan dan menyehatkan paru-paru.
Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas, pastikan Anda menerapkan pola makan sehat, cukup istirahat, penuhi asupan cairan, dan rutin berolahraga. Semoga upaya yang Anda lakukan dapat membuat tubuh lebih sehat dan paru paru bisa berfungsi optimal hingga nanti.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...