Loading...

Awas! Warna dan Aroma Urin Tunjukkan Penyakit yang Anda Derita

Apakah Anda selalu buang air kencing secara rutin setiap hari? Urine/kencing termasuk salah satu sisa metabolism yang dikeluarkan oleh tubuh.  Meskipun hampir setiap hari buang air kencing, namun tak banyak yang tahu jika ternyata warna dan aroma air kencing bisa berubah-ubah, misalnya : jernih, bau gula, warna pekat, atau bau tidak sedap dan lainnya. Perubahan warna dan aroma urine harus selalu diwaspadai karena bisa menunjukkan gejala penyakit yang Anda derita. Jadi, untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda dengan cepat, Anda bisa mendeteksinya melalui warna dan aroma urine yang dikeluarkan oleh tubuh.
Gambar disini
Hem, pasti penasaran, kira-kira warna dan aroma urine seperti apakah yang patut diwaspadai dan penyakit apa sajakah yang bisa dilihat dari warna air kencing? Untuk lebih jelasnya, simak terus artikel yang berjudul “Awas! Warna dan Aroma Urin Tunjukkan Penyakit yang Anda Derita”berikut ini :

Kencing beraroma manis

Kadar gula darah yang tinggi dalam peredaran darah membuat tubuh tidak bisa memprosesnya dengan sempurna. Hal ini mengakibatkan ginjal harus bekerja ekstra keras utuk menghilangkan kadar gula tersebut. Saat Anda kencing, maka otomatis aroma urin akan tercium “manis” yang menandakan urine Anda mengandung gula. Hal ini menunjukkan bahwa Anda sedang menderita diabetes atau pradiabetes. Namun agar lebih yakin, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter.

Kencing Berwarna Cokelat Kehijauan

Kencing dengan warna cokelat kehijauan harus segera diwaspadai, karena menunjukkan adanya i masalah hati atau bisa juga akibat Anda mengalami dehidrasi berat. Minum air secukupnya dan segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

Air Kencing Berbuih

Pernahkah Anda melihat air kencing berbuih dan mirip seperti soda? Air kencing berbuih menunjukkan kelebihan protein dalam makanan atau bisa jadi ada masalah dengan ginjal Anda.

Air kencing berwarna orange

Warna orange pada air kencing patut diwaspadai karena menunjukkan adanya masalah hati atau empedu. Meski demikian, bisa juga terjadi akibat pewarna makanan yang Anda konsumsi. Jika terjadi berkali-kali, segera periksakan diri ke dokter.

Pink Kemerahan

Buah-buahan berwarna pekat (misalnya : blueberry, buah bit, buah naga, dan lain sebagainya) umumnya akan membuat air kencing Anda ikutan berwarna alami seperti buah yang Anda konsumsi. Namun patut diwaspadai jika Anda tidak mengonsumsi makanan berwarna pekat tersebut, namun warna kencing Anda berwarna pekat. Kondisi tersebut bisa jadi menunjukkan adanya pendarahan di saluran kencing, masalah prostat, ginjal, tumor dan lainnya. Segera periksakan ke dokter agar tidak terjadi keterlambatan.

Urine keruh dan bau tidak sedap

Urine terlihat keruh dan bau tidak sedap patut diwaspadai, karena bisa jadi menunjukkan gejala infeksi saluran kemih. Biasanya, pada penyakit ini disertai sensasi terbakar saat buang air kencing, frekuensi meningkat, nyeri punggung dan menggigil.
Dengan memperhatikan air kencing yang kita keluarkan, setidaknya kita bisa lebih waspada terhadap kondisi kesehatan tubuh. Jika mengalamni kelainan, Anda bisa segera lakukan pemeriksaan medis untuk memastikan penyebabnya. Semoga artikel yang berjudul Awas! Warna Urin Tunjukkan Penyakit yang Anda Derita diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...