Jangan Letakkan Handphone Di Bawah Bantal, Ini Bahayanya

Handphone termasuk benda yang sangat vital bagi semua seorang di era modern seperti sekarang ini, tak heran jika dimanapun berada handphone tidak boleh menjauh dari sisi pemiliknya.  Sayangnya meski saat tidur sekalipun, sebagian orang masih merasa enggan menjauhkan diri dari handphone. Bahkan sebagian dari mereka rela meletakkan handphone dalam kondisi menyala di bawah bantal. Padahal meletakkan handphone dalam kondisi On dibawah bantal dapat mengundang bahaya bagi kesehatan.
sumber gambar : postlinetv
Hem, pasti Anda heran, bagaimana hal tersebut bisa terjadi ya? Ternyata handphone mempunyai radiasi yang sangat kuat, dimana efeknya dapat mempengaruhi kesehatan tubuh jangka panjang. Selain itu, tidur merupakan satu cara mengistirahatkan organ tubuh secara keseluruhan, tapi bagaimana bisa istirahat dengan tenang jika terganggu oleh bunyi atau cahaya dari handphone Anda? Begitu banyak bahaya handphone bagi kesehatan, beberapa pakar kesehatan menyarankan agar membatasi penggunaannya, terutama saat tidur. Nah, agar jebih jelasnya, simak kelanjutan artikel yang berjudul “Jangan Letakkan Handphone Di Bawah Bantal, Ini Bahayanya :

Gangguan tidur/insomnia

Suara yang ditimbulkan handphone akan membuat tidur Anda menjadi tidak nyenyak. Jika dibiarkan terus menerus, niscaya Anda akan mengalami masalah gangguan tidur atau insomnia. Selain itu, radiasi cahaya yang dipantulkan oleh handphone bisa mengganggu produksi hormone melatonin dalam tubuh sehingga kualitas tidur Anda akan memburuk. Jika ingin terhindar dari insomnia, usahakan matikan handphone saat Anda tidur, atau setidaknya jauhkan dari tempat tidur Anda.

Risiko kanker meningkat

Paparan cahaya saat tidur dapat mengganggu kesehatan dan juga ritme kerja tubuh, karena cahaya dapat mempengaruhi produksi hormone melatonin, dimana hormone tersebut mempunyai peran penting untuk menjaga kadar gula darah dan tekanan darah yang sehat. Cahaya handphone membuat tidur menjadi kurang berkualitas sehingga memicu gangguan kesehatan serius. Jika paparan cahaya handphone saat tidur terjadi berulang-ulang, maka dapat meningkatkan risiko kanker.

Merusak sel-sel otak

Salah satu bahaya meletakkan handpone di bawah bantal adalah menyebabkan gangguan system saraf pusat.  Hal itu terjadi akibat radiasi electromagnetic yang dipancarkan handphone yang berada di bawah bantal, tepatnya di posisi kepala. Bahkan seorang ilmuwan kesehatan lingkungan menyebutkan jika radiasi  handphone dapat menyebabkan kerusakan sel otak yang berisiko terjangkit penyakit, diantaranya : Alzheimer, autism, dan lain sebagainya.

Masalah kesuburan pria

Radiasi ponsel yang berlebihan ternyata juga dapat mempengaruhi produksi sperma, dimana akan berpengaruh langsung pada kesuburan pada pria. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa radiasi electromagnetic handphone berakibat rendahnya produksi hormon luteinizing (LH) dan meningkatnya produksi hormone testosterone. Padahal seperti yang kita tahu, tingginya hormone testosterone berisiko menyebabkan kemandulan pada pria dan masalah s#ks lainnya.
Hem, ternyata banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan yang ditimbulkan dari kebiasaan meletakkan handphone dalam kondisi On di bawah bantal. Semoga informasi yang berjudul “Jangan Letakkan Handphone Di Bawah Bantal, Ini Bahayanya” diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
source

Loading...
Previous
Next Post »
loading...