Loading...

Penyebab Telapak Kaki Sakit yang Harus Anda Tahu

Telapak kaki terasa sakit saat bangun tidur, berdiri lama atau berjalan? Jangan remehkan kondisi tersebut, karena bisa jadi merupakan salah satu tanda adanya gangguan kesehatan pada diri Anda. Meski begitu, jangan terlalu cemas apalagi takut, karena tidak semua rasa sakit pada telapak kaki merupakan gejala penyakit serius. Untuk memastikan hal tersebut, kita harus mengetahui bagian manakah dari telapak kaki yang terasa sakit, misalnya : tumit, telapak kaki tengah, depan atau dekat jari-jari kaki. Dengan mengetahui penyebabnya, kita juga akan lebih mudah melakukan upaya pengobatan.
Telapak kaki

Mungkin tak banyak yang tahu, apa sajakah penyebab telapak kaki sakit? Agar lebih jelasnya simak Penyebab Telapak Kaki Sakit yang Harus Anda Tahu berikut ini : (Cerahkan Bekas Gatal yang Menghitam)

1.    Plantar facilitas

Rasa sakit pada telapak kaki bisa jadi akibat plantar facilitas, yakni : adanya peradanggan yang terdapat pada lapisan tebal di sepanjang telapak kaki yang disebut plantar fasia. Gejala yang dirasakan, antara lain nyeri dan sakit pada telapak kaki, terutama di area tumit. Rasa yang muncul seperti tertusuk besi atau kadang terasa panas/terbakar. Penyebab plantar facilitas sendiri, antara lain : obesitas, usia diatas 40 tahun, hamil tua, suka berlari, pekerjaan yang banyak berjalan/berdiri, dan lain sebagainya. (Tujuh Cara Bentengi Rumah dari Gangguan Setan)

2.    Gout Arthritis

Sakit atau nyeri pada telapak kaki juga bisa terjadi akibat Kristal asam urat yang menumpuk pada sendi sehingga menyebabkan peradangan. Area persendian yang terkena Gout arthritis akan terasa nyeri dan sakit, bahkan membengkak dan menimbulkan sensasi seperti terbakar. (Kolesterol Menyerang Kaki? Ini Tanda dan Gejalanya)

3.    Metatarsalgia

Metatarsalgia merupakan satu kondisi dimana muncul rasa nyeri dan peradangan pada bola kaki/kaki bagian depan. Penyebabnya antara lain : kelebihan berat badan, penggunaan sepatu yang tidak pas, aktivitas fisik rutin dan lain sebagainya. Gejala yang dirasakan, antara lain : nyeri tajam, sensasi terbakar, kesemutan pada jari-jari kaki, sakit saat berjalan dan masih banyak gejala lainnya. (Cara Alami dan Cepat Hilangkan Flek Hitam Di Wajah)

4.     Bunion

Bunion termasuk salah satu kelaianan pada bentuk tulang kaki, dimana terdapat benjolan tulang pada persendian di jempol kaki. Kondisi tersebut membuat telapak kaki terasa sakit/nyeri saat berjalan. Selain factor keturunan, Bunion juga bisa disebabkan sepatu yang terlalu sempit, cacat bawaan, dan lain sebagainya. (Jangan Buang Biji Kurma, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan)

5.    Keseleo

Rasa nyeri atau sakit pada telapak kaki juga bisa disebabkan tegang otot atau keseleo. Kondisi tersebut membuat kaki mengalami memar, bengkak, nyeri bahkan pincang saat berjalan. Keseleo harus segera  diatasi agar tidak membuat Anda tersiksa. (Tips dan Trik Memasak Jengkol agar EMpuk dan Tidak Bau)

6.    Kapalan

Kapalan dalam bahasa medis disebut Cullus, yakni suatu kondisi dimana kulit mengalami penebalan akibat gesekan atau penekanan yang terus menerus. Meskipun bukan penyakit serius, namun kapalan juga menjadi penyebab rasa nyeri pada telapak kaki, karena bisa menimbulkan pecah-pecah. (Waspadai Tekstur dan Warna Darah Menstruasimu)
Selain yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak penyebab sakit/nyeri pada telapak kaki. Apapun penyebabnya, nyeri/sakit pada telapak kaki harus segera diatasi dnegan baik agar tidak mengganggu aktivitas Anda. Semoga informasi berjudul Penyebab Telapak Kaki Sakit yang harus Anda tahu diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...