Tanda Awal Gagal Ginjal yang Harus Diwaspadai

Gagal ginjal bisa disebut silent killer, karena tidak menimbulkan gejala yang jelas, terutama pada stadium awal. Oleh karena itu, tidak heran jika penderita gagal ginjal akan terlihat sehat dan bisa beraktivitas normal. Umumnya tanda-tanda awal penyakit gagal ginjal tidak datang secara bersamaan, sehingga kebanyakan penderita gagal ginjal baru akan merasakan gejala ketika penyakit sudah mencapai stadium lanjut. Bisa dibayangkan betapa beratnya beban hidup Anda ketika dokter memberikan vonis “gagal ginjal”, karena sudah bisa dibayangkan betapa besarnya biaya pengobatan yang harus Anda keluarkan. (Jangan letakkan handphone di bawah bantal, Ini Bahayanya)
sumber gambar : jagakesehatan.com
Meskipun gagal ginjal bisa menimpa siapa saja, namun ada beberapa orang yang memiliki factor risiko tinggi, diantaranya : seseorang keluarganya memiliki riwayat penyakit hipertensi, diabetes, jantung dan sakit ginjal. Mereka yang berisiko tinggi wajib melakukan pemeriksaan dini untuk memastikan apakah kondisi kesehatannya benar-benar baik. Beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan untuk mengetahui kondisi ginjalnya, yakni :  (Makanan yang ampuh Mengikis Endapan Lemak Jahat dalam Pembuluh darah)
•    Pemeriksaan  urine, yakni untuk memastikan adanya protein atau darah di dalam air kencing yang merupakan petunjuk adanya kelainan dalam ginjal.
•    Pemeriksaan darah, yakni pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur kadar urea dan kreatinin dalam darah
•    Pemeriksaan lanjutan, misalnya : pemeriksaan radiologis dan biopsy ginjal untuk mengetahui dengan benar apakah tanda-tanda yang dirasakan mengarah pada penyakit gagal ginjal atau tidak. (Penyebab Gagal Ginjal dan Cara Mencegahnya)

Tanda awal gagal ginjal yang harus diwaspadai :

Dengan memahami tanda dan gejala gagal ginjal lebih dini, diharapkan upaya pengobatan bisa segera diupayakan. Diantara tanda dan gejala gagal ginjal yang wajib diwaspadai, antara lain : (Taburkan Garam pada buah dan Sayuran, Ini Manfaatnya)
Warna kencing berubah lebih pekat, berbusa dan sering bangun malam untuk kencing
•    Jumlah kencing lebih sedikit dibandingkan biasanya
•   Mengalami bengkak pada kaki, muka, tangan dan pergelangan. Hal ini akibat ginjal tidak mampu membuat kelebihan cairan. (MAnfaatkan 7 Bahan Ini Untuk Deodorant Alami)
•    Mudah lelah dan lemah karena ginjal tidak mampu mengeluarkan kotoran secara tuntas dari tubuh
•    Sesak nafas, karena cairan mengumpul pada paru-paru
•    Bau nafas lebih menyengat, karena kotoran mengendap pada rongga mulut
•    Punggung terasa pegal
•    Gatal-gatal, terutama pada area kaki
•    Nafsu makan berkurang, mual dan muntah
•    Kejang atau koma pada kasus yang parah
Gagal ginjal bisa dicegah dengan berbagai cara, diantara menerapkan gaya hidup sehat, control tekanan darah dan gula darah, olahraga rutin, menjaga pola makan sehat seimbang, penuhi kebutuhan cairan, menghindari kebiasaan menahan kencing dan yang pasti rutin periksakan kesehatan Anda ke dokter. Semoga informasi yang berjudul Tanda Awal Gagal Ginjal yang harus diwaspadai diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
source 

Loading...
Previous
Next Post »
loading...