Delapan Rahasia Diet Sehat dan Cepat Ala Rasulullah

Hampir semua orang ingin terhindar dari kegemukan, karena seperti yang kita tahu banyak ancaman penyakit akibat kegemukan. Diet merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menghindari kegemukan. Sayang sekali, meskipun jenis diet sangat beraman, namun tidak semua orang yang berhasil menjalankannya dengan baik. Sebenarnya kita tidak perlu cemas dan bingung untuk menentukan diet jenis apakah yang cocok untuk kita, karena sejak zaman dulu, Rasulullah sudah mencontohkan pola diet yang tidak hanya sehat tapi juga ampuh mencegah ancaman penyakit yang berbahaya.
Sehat-Ala-Rasul
Sehat Ala Rasul
Diet ala Rasulullah ini tidak hanya membuat Anda terhindar dari kegemukan, tapi lebih sehat dan tentunya tanpa efek samping yang membahayakan kesehatan. Hem, penasaran, bagaimana Rahasia diet ala Rasulullah? Simak langsung informasi lengkaapnya berikut ini : (Benarkah Manusia Masa Depan Mirip Alien?)

1.    Konsumsi makanan yang Halal dan baik

Makanan yang kita konsumsi harus halal dan juga baik. Jadi halal saja tidak cukup, harus terdapat unsur baik, misalnya : baik pengolahannya, baik cara mendapatkannya, dan baik untuk kesehatannya. Bisa dicontohkan, gula termasuk makanan yang halal, tapi gula tidak baik untuk penderita diabetes, oleh karena itu harus dibatasi konsumsinya. Bisa disimpulkan  bahwa dua unsur tersebut tidak boleh dipisahkan, karena semua itu tentulah demi kebaikan manusia.  (Cara Masak Kerang agar Nikmat dan Tidak Amis)

2.    Makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang

Aturan ini tentu bukan tanpa tujuan, karena makan sebelum lapar sangatlah bagus untuk kesehatan. Karena kalau kita menunggu lapar sekali, baru makan maka dapat memicu keluarnya asam lambung yang berlebihan. Kondisi tersebut tentu tidak baik bagi ksehatan. Kenapa harus berhenti sebelum kenyang? Karena makan terlalu kenyang membuat overdistensi lambung, dimana lambung menjadi mekar sehingga menyebabkan lambung luka. Bisa kita ambil contoh dari sebuah balon yang ditiup hingga besar, hal ini sangat berisiko pecah atau tergores akan luka. Begitu juga dengan lambung kita, oleh kaarena itu mohon diperhatikan ya! (Bahaya Mencampur Susu dengan Buah-Buahan)

3.    Makan sambil duduk dengan meninggikan kaki kanan

Cara makan dengan duduk di lantai dan meninggikan kaki kanan  tidak hanya mencegah kita agar tidak makan terlalu kenyang, tapi juga mengandung manfaat sehat. Seperti yang kita tahu, lambung kita terletak di kiri. Jadi, dengan mengganjal daerah perut kanan, maka makanan bisa masuk sempurna ke lambung. Selain itu, cara tersebut juga mencegah makanan mengendap di esofagus yang memicu esofagitis (radang esofagus) yang terjadi akibat makanan tidak masuk ke lambung dengan sempurna. Biasanya hal ini terjadi akibat makan sambil berdiri atau standing party. (Cintai Ginjal Anda dengan Buah dan Sayuran Ini)

4.    Makan dengan menggunakan 3 jari

Cara ini mencegah kita makan terlalu berlebihan sehingga membuat proses mengunyah menjadi lebih sempurna. Bayangkan jika kita makan dengan lima jari yang otomatis membuat mulut kesulitan mengunyaah dengan sempurna. (Resep Kumpulan Sambal Terfavorit)

5.    Mengunyah makanan perlahan-lahan

Mengunyah makanan dengan sempurna, misalnya sebanyaak 32 kali. Hal ini tidka haanya membuat makanan lebih lembut taapi juga membantu agar fungsi pencernaan dalam tubuh tidak bekerja terlalu keras.

6.    Tidak minum setelah makan

Kebanyaakan orang suka minum sambil makan atau minum setelah makan. Hal ini sangat tidak disarankan, karena bisa menyebabkan enzim dan asam lambung menjadi encer dan tidak tercampur sempurna dengan makanan.

7.    Menjilat jari setelah makan

Hal ini mungkin terlihat menjijikkan ya? Tapi hal ini bukan tanpa tujuan loh. Menjilat jari setelah makan mampu merangsang pengeluaran air liur. Dengan keluarnya enzim dan air liur yang banyak, maka pencernaan menjadi sempurna

8.    Tidak tidur setelah makan

Terdapat hadits bahwa hancurkanlah makanananmu dengan dzikir dan sholat serta jangan tidur setelah makan karena akan membut hatimu akan menjadi keras. Yang dimaksud disini bisa jadi merupakan gangguan kerusakan hati, misalnya sirosis. Hal ini terjadi akibat proses fermentasi di usus yang terlalu lama. Kalau habis makan langsung tidur, maka gerak usus akan melambat, pada saat itu kuman di usus akan mencerna makanan dalam waktu lama sehingga menghasilkan senyawa-senyawa yang merusak hati, diantaranya : indole, skatol, nitrit. Oleh karena itu jangan tidur setelah makan yaa...
Selain cara makan diatas, ternyata Rasulullah mengonsumsi beberapa makanan sehat, diantaranya :
  • Sarapan : Rasulullah mengonsumsi 7 butir kurma matang dengan segelas air madu. Menu sederhana ini sangat bagus, karena tidak hanya meningkatkan energy, tapi juga mampu menghindarkan tubuh dari racun.
  • Makan Siang : Rasul mengonsumsi Khol atau sejenis cuka, yang bermanfaat melancarkan pencernaan, mengurangi kadar kolesterol, mencegah lemah tulang dan pikun.
  • Makan malam : Rasulullah mengonsumsi sayuran
Selain itu, Rasulullah juga mengonsumsi roti gandum, susu, daging, buah dan labu. Jadi makanan yang dikonsumsi juga beragam dan yang pastinya menyehatkan. Bahkan disebutkan oleh Sayyidina Umar bahwa hendaknya perut manusia diisi dengan makanan hewani 10%, biji-bijian 60% dan sisanya 30% diisi dengan buah dan sayuran.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...