Enam Ciri-Ciri Feses yang Tunjukkan Adanya Penyakit Serius

Ketika Buang air besar (BAB), pernahkah Anda memperhatikan feses yang keluar? Kebanyakan orang mengabaikan begitu saja, padahal dari feses yang keluar kita bisa mendeteksi penyakit dan juga masalah kesehatan lainnya. Hem, mungkin terdengar aneh ya? Tapi itulah kenyataannya, feses merupakan sisa dari isi perut yang bisa memberikan informasi tentang adanya masalah pada perut, usus atau bagian lain dari system pencernaan. Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang menderita penyakit, maka secara otomatis akan diikuti dengan perubahan pada fesesnya, baik bentuk, warna, tekstur dan juga aroma. Jadi, tidak hanya air kencing saja yang  bisa mendeteksi kesehatan, tapi dari feses, kita bisa mendeteksi dengan cepat berbagai masalah kesehatan  dalam tubuh. 
BAB (gambar dari : terassehat.com)
Lebih dini mengetahui penyakit atau berbagai masalah kesehatan pada tubuh akan jauh lebih baik daripada terlambat, karena dengan begitu kita bisa segera melakukan pengobatan. Nah, agar lebih jelasnya, simak informasi tentang Enam Ciri-Ciri Feses yang Tunjukkan Adanya Penyakit Serius berikut ini : (Resep Aneka Sambal Paling enak dan Terfavorit)

1.    Feses Berwarna aneh

Waspadai ketika feses yang Anda keluarkan memiliki warna yang mencurigakan, karena bisa jadi merupakan tanda penyakit tertentu, misalnya : (Suka Minum Kopi? Ini 5 Bahayanya Bagi Kesehatan)
•    Warna hijau, yang menunjukkan adanya masalah pada empedu, infeksi bakteri atau adanya peradangan pada usus. Meski begitu, jangan terlalu kawatir berlebihan karena warna hijau pada feces jugaa bisa terjadi jika menjalani gaya hidup vegetarian.
•    Merah, menunjukkan adanya perdarahan pada usus atau daerah sekitar anus, misalnya penyakit ambeien, polik, dan lainnya.
•    Hitam, yang menunjukkan adanya perdarahan pada lambung atau tenggorokan
•    Putih, yang menunjukkan adanya masalah kesehatan pada hati, misalnya : penyakit hepatitis.

2.    Bentuk feses tidak wajar

Feses yang sehat memiliki bentuk silinder dan teksturnya tidak terlalu keras dan tidak terlalu lunak serta tidak menyebabkan sakit ketika dikeluarkan. Oleh karena itu segera waspadai jika bentuk feses Anda mencurigakan, misalnya : seperti kotoran kambing yang menunjukkan Anda menderita kanker kolon, mencret yang menunjukkan adanya masalah intoleransi usus. (Tiga amalan Sunnah Ini Bebaskan Anda dari Segala Penyakit)

3.    Feces berlendir/berminyak

Bentuk feses lain yang patut diwaspadai adalah jika berlendir atau berminyak. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa tubuh Anda tidak bisa menyerap lemak dengan sempurna dan bisa jadi merupakan indikasi penyakit pancreas. (Kenali 5 Ciri Urine Ginjal yang Bermasalah)

4.    Bau feses terlalu busuk

Feses memiliki bau khas yang tidak enak. Meski begitu, ada feces yang berbau sangat bususk dan menyengat. Kondisi tersebut juga patut diwaspadai, apalagi jika diiringi dengan warna feces yang kemerahan atau kehitaman. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan kepastian. (Rahasia Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan)

5.    Konstipasi yang tak kunjung sembuh

Konstipasi seringkali disebabkan berbagai haal, misalnya : kurang serat, kurang minum, konsumsi obat-obatan tertentu dan kurang olahraga. Namun jika semua solusi sudah dilakukan, namun konstipsi tak juga sembuh, segera periksakan ke dokter karena bisa jadi ada masalah dalam pencernaan Anda. (Enam Bumbu Sehat dan Berkhasiat yang Wajib Ada Di Dapur Anda)

6.    Diare yang tak kunjung sembuh

Diare biasa terjadi akibat kontaminasi bakteri dan virus. Meski begitu, dengan obat atau ramuan tertentu, diare bisa diatasi dengan cepat. Namun segera waspadai jika diare tak kunjung sembuh hingga berhari-hari lamanya, karena bisa jadi merupakan adanya gangguan serius, misalnya : penyaakit crohn, iritasi usus, dan lain sebagainya. Segera periksakan ke dokter agar segera dilakukan upaya medis yang tepat.
Setelah membaca informasi diatas, jangan remehkan feces yang keluar ya, karena bisa jadi menunjukkan kondisi kesehatan Anda. Semoga informasi yang berjudul Enam Ciri-Ciri Feses yang Tunjukkan Adanya Penyakit Serius diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
Previous
Next Post »