Keajaiban Kerokan yang Wajib Anda Tahu

Pernahkah Anda memanfaatkan terapi Kerokan sebagai pengobatan? Kerokan termasuk salah satu terapi pengobatan alternatif ala Orang Indonesia untuk mengatasi beberapa penyakit, salah satunya : masuk angin. Kerokan biasanya dilakukan menggunakan uang logam yang diberi minyak atau balsam, kemudian digaruk/ditekan ke permukaaan kulit sehingga membentuk guratan kemerahan pada kulit. Cara tersebut sudah terbukti membantu otot yang tegang menjadi kendur dan rileks. Sayangnya, seiring pesatnya perkembangan dunia medis, budaya kerokan mulai terabaikan.  Hal itu semakin menjadi, manakala muncul mitos buruk tentang Kerokan. Padahal budaya kerokan sudah banyak diterapkan oleh para raja maupun petinggi kerajaan Nusantara untuk menjaga kesehatannya. Jika demikian kenyataannya, kenapa kita harus meragukan khasiatnya?
kerokan

Kerokan juga dilakukan Orang Luar Negeri?

Kerokan termasuk terapi kesehatan yang mudah, murah dan pastinya berkhasiat. Ternyata bukan masyarakat Indonesia sajaa yang menerapkan terapi kerokan, karena di luar negeri juga menerapkan metode kerokan sebagai terapi kesehatan, tapi tentunya berbeda bentuk dan juga tekniknya. Sebagai contohnya, di Vietnam ada cao gio, Tiongkok ada gua sha, dan Kamboja ada goh Kyol. Namun media yang digunakan adalah Batu giok, oleh karena itu terkena dengan sebutan Jade Stone Theraphy. (Cara Paling Ampuh Sembuhkan Penyakit Jantung dan Hipertensi)

Keajaiban Kerokan yang Wajib Anda tahu

Meskipun terlahir di jaman modern, dimana dunia medis sudah sangat canggih, namun kita tidak boleh melupakan bahwa Kerokan termasuk salah satu terapi kesehatan yang ampuh dan berkhasiat menyehatkan tubuh. Bahkan terdapat penelitian yang sudah membuktikan banyaknya keajaiban sehat dari terapi kerokan. Ingin tahu, apa sajakah keajaiban kerokan tersebut? Simak informasi tentang Keajaiban Kerokan yang Wajib Anda tahu berikut ini : (Makanan Penyebab Jerawat dan cara Mengatasinya)

•    Kerokan tidak merusak kulit atau pembuluh darah

Ternyata kerokan tidak menyebabkan rusaknya pori-pori kulit ataupun pecahnya pembuluh darah. Akan tetapi pada kerokan membuat pembuluh darah melebar, dimana kondisi tersebut membuat aliran darah semaakin lancar dan pasokan oksigen dalam darah juga bertambah. Untuk menyiasati agar kerokan tidak merusak kulit, ada baiknya Anda tidak menggunakan Koin atau logam, tetapi menggunakan bawang, jahe atau bahan alami yang berkhasiat lainnya. (Buah-Buahan yang dilaarang bagi Ibu Hamil)

•    Kerokan meningkatkan kadar endorphin

Terapi kerokan terbukti membantu meningkatkan Kadar Endorphin, yakni morphin alami yang dihasilkan oleh tubuh, dimana kondisi tersebut membut seseorang menjadi segar, nyaman, rasa sakit hilang dan pastinya lebih bersemangat. (Tips Masak Santan agar Tidak Pecah)

•    Kerokan membuat kadar prostaglandin menurun

Prostaglandin merupakan zat yang bertugas mengirimkan sinyal pada tubuh sehingga kita merasakan nyeri otot. Ternyata penelitian membuktikan bahwa kerokan membuat kadar prostaglandin menurun sehingga rasa nyeri dan sakit pada tubuh berkurang. (Info Sampel Produk Gratis dan Kuis Terbaru)

•    Kerokan menyebabkan sirkulasi darah menjadi lancar

Kerokan dilakaukan di area punggung, karena pada area tersebut banyak aliran darah yang berhubungan langsung dengan bagian tubuh lain. Oleh karena itu, jika dilakukan kerokan, maka otomatis terjadi pelebaran pembuluh darah yang membuat sirkulasi darah ke bagian tubuh yang lain menjadi lancar. (Kumpulan Gambar Lucu, Unik dan Menghibur)

•    Kerokan meningkatkan kekebalan tubuh

Ketika punggung dikerok, otomatis terjadi pelebaran pembuluh darah. Bersamaan dengan kondisi tersebut, ternyata sel-sel darah putih juga ikut mengalir lancar. Hal itu sangat baik, karena membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh. (Kumpulan Resep Sambal yang Nikmat dan menggugah Selera)

Syarat kerokan yang baik dan menyehatkan

Untuk mendapatkan manfaat sehat dari kerokan, pastikan Anda tidak sembarangan melkukaannya. Akan tetapi, patuhi syarat-syarat berikut ini :
•    Kerokan tidak boleh menggunakan logam, tapi gunakan bawang merah
•    Kerokan tidak berpatokan pada gosong, tapi cukup 3-4 kali
•   Kerokan pada posisi di sela-sela iga, atau agak mepet ke bagian atas karena tempat keluarnya arteri vena dan lervus costin
Pada intinya, kerokan sama halnya dengan minum obat yang berkhasiat menyembuhkan. Meski begitu, kita tidak dianjurkan berlebihan melakukannya, karena papun yang dilakukan secara berlebihan tentu akan menimbulkan efek samping yang buruk. Semoga informasi yang berjudul Keajaiban Kerokan yang Wajib Anda Tahu diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...