Rahasia Keajaiban Air Liur untuk Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar satu kisah, dimana Rasulullah saw pernah meludahi kedua mata Ali Bin Abi Thalib? Pada saat itu, Ali yang mengalami sakit mata langsung sembuh seketika setelah Rasulullah meludahinya. Kebanyakan dari kita pasti mengira bahwa hal itu merupakan satu mukjizat yang dimiliki Rasulullah. Memang benar, namun terlepas dari itu semua, ternyata air liur memang mengandung keajaiban yang luar biasa. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa didalam air liur terkandung banyak enzim yang bermanfaat bagi kesehatan, diantranya : lisozim, histatin, laktoferin, laktoperoxidase, dan lain sebagainya. 
Air liur
Hem, pasti Anda heran, bagaimana mungkin air liur yang dianggap menjijikkan justru mengandung manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Agar lebih jelasnya, ada baiknya Anda memahami Rahasia Keajaiban Air Liur untuk Kesehatan, berikut ini : (Aneka Gambar Lucu, Gokil dan Bikin Ngakak)

1.    Mempercepat penyembuhan luka

Dalam air liur terkandung sebuah zat yang bernama salah satunya lisozim yang bermanfaat menghancurkan dinding kuman bakteri sehingga membuat luka lebih cepat sembuh, contohnya : luka sariawan, luka setelah cabut gigi, dan luka lainnya yang lebih cepat sembuh karena terlindung oleh air liur. (Enam Ciri Feses Ini Tunjukkan Adanya Penyakit Serius)

2.    Melancarkan proses pencernaan

Air liur bermanfaat membantu melancarkan proses pencernaan makanan, misalnya : membersihkan makanan dalam mulut, membersihkan sisa makanan dan bakteri dari gigi, mencegah pertumbuhan jamur pada mulut, dan masih banyak yang lainnya. (Tiga amalan Sunnah Ini Bebaskan Anda dari Segala Penyakit)

3.    Menyembuhkan jerawat

Air liur mengandung enzim yang berkhasiat sebagai antiseptic alami yang bermanfaat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat dan mempercepat penyembuhaan luka. Dengan rutin mengoleskan air liur, maka bakteri membandel penyebab jerawat akan lenyap dan jerawat bukan lagi masalah yang harus dipusingkan. Sebaiknya manfaatkan air liur setelah bangun tidur, dimana air liur masih murni dan belum terkontaminasi oleh bakteri berbahaya dalam makanan. Oleskan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.  (Awas, Kebiasaan Membunyikan Mata Ini dapat Sebabkan Stroke)

4.    Membuat luka cepat kering

Pernahkah Anda mengoleskan ludah pada luka? Kebanyakan orang saat mengalami luka pada tangan, mereka akan spontan menghisap lukanya. Ternyata dalam air ludah terkandung enzyme histatin yang berperan sebagai antibiotic yang bermanfaat membunuh bakteri dan membuat luka cepat kering dan sembuh. (Bersihkan Racun Udara dnegan 8 Tanaman Hias Ini)

Tips Menjaga Kualitas Air Ludah

Mengingat betapa banyaknya manfaat air liur untuk kesehatan dan kecantikan, maka sudah seharusnya kita menjaga kualitas air ludah dengan cara berikut ini :  (8 Manfaat Luar Biasa Cuka untuk Memasak)
•    Rutin menggosok gigi setiap hari. Pastikan Anda menggunakan pasta gigi yang tidak mengandung detergen, karena dapat berisiko merusak kualitas air liur, menyebabkan mulut kering dan masih banyak kerugian yang lainnya.
•    Tidak menggosok gigi setelah makan, tapi 20 menit sesudahnya karena dapat merusak struktur alami pH saliva dan dapat mempengaruhi fungsi air liur.
Semoga informasi yang berjudul Rahasia Keajaiban Air Liur untuk Kesehatan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...