Rahasia Sehat Dibalik Warna Buah dan Sayur

Mengonsumsi buah dan sayur termasuk satu hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari. Ketika mengonsumsi buah dan sayur, pernahkah Anda berpikir, kenapa Allah memberikan warna yang berbeda pada buah dan sayuran? Kira-kira apa sich tujuan dari penciptaan buah dan sayur dengan warna yang berbeda tersebut? Ternyata, perbedaan warna pada buah dan sayur bukanlah tanpa alasan, akan tetapi terkandung maanfaat luar biasa didalamnya. Tidak percaya? Simak langsung dalam kelanjutan artikel yang berjudul Rahasia Sehat Dibalik Warna Buah dan Sayur berikut ini :
                                             Buah kaya warna (sumber gambar : plus.google.com)

Rahasia Sehat Dibalik Warna Buah dan sayuran

Perbedaan warna buah dan sayur bukan sekedar sebagai pelengkap penampilan atau pembeda antara satu buah dengan yang lainnya. Akan tetapi menunjukkan kadar nutrisi serta manfaat yang terdapat dalam buah dan sayuran, yang diantaranya : (Keajaiban Kerokan yang Wajib Anda Tahu)

•    Hijau

Buah dan sayuran berwarna hijau mengandung zat penting, diantaranya : indole, sulforaphone dan isothiocyanate yang bermanfaat menangkal sel kanker jenis apapun. Selain itu, warna hijau menunjukkan tingginya kandungan nutrisi lainnya, diantaranyaa : kalium, Vitamin B kompleks, Vitamin C, serat, dan mineral penting lainnya. Contoh buah dan sayur berwarna hijau, antara lain : melon, alpukat, anggur hijau, bayam, kangkung, daun singkong, brokoli dan lainnya. (10 Makanan yang Berkhasiat Mencegah dan Melawan Kanker)

•    Warna merah tua, Biru, atau ungu

Buah dengan warna merah atau ungu memiliki kandungan anthocyanin yang merupakan antioksidan terkuat yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan didalam pembuluh darah sehingga bermanfaat meminimalisir risiko penyakit jantung dan stroke. Contoh buah daan sayur tersebut, antara lain : buah bit, cery, buah berry, anggur merah/ungu, per merah, kol ungu, terung, dan lain sebagainya. (Enam Jenis Buah Pelindung Jantung)

•    Warna merah

Buah dan sayuran berwarna merah menandakan tingginya kandungan lycopene yang merupakan antioksidan yang bermanfaat mencegah dan melawan kanker. Contoh buah dan sayur tersebut, antara lain : tomat, semangka, pepaya, bayam merah, jambu meraah, dan lain  sebagainya. (Rahasia Masak Bubur Kacang Hijau yang Empuk, Lembut dan Tidak Pecah)

•    Kuning

Buah-buahan yang berwarna kuning umumnya kaya akan Kalium yang bermanfaat menurunkan tekanan darah sehingga ampuh mencegah stroke dan jantung coroner. Warna kuning juga menunjukkan tingginya vitamin A yang bermanfaat menjaga kesehatan mata dan Vitamin C yang merupakan sumber beta cryptoxanthine, yakni antioksidan yang bermanfaat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Contoh buah berwarna kuning, antara lain  : nanas, jagung, jeruk, buah persik, pisang, belimbing, buah pepaya kuning dan lain sebagainya.

•    Putih

Warna putih pada buah dan sayuran menunjukkan kandungan allicin atau anti tumor/anti kanker serta flavonoida, antioksidan yang bermanfaat melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, warna putih juga menunjukkan besarnya kandungan serat alami dalam buah dan sayuran tersebut. Diantara buah dan sayur yang berwarna putih, antara lain : bawang putih, kelengkeng, sirsak, leci, duku, taoge, asparagus, jamur, kembang kol, kol, sawi putih, dan bawang dan lain sebainya.

•    Jingga

Warna jingga dalam buah dan sayur menunjukkan tingginya kandungan betakaroten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, menghambat proses penuaan sel, mengurangi risiko penyakit kanker, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Contoh buah dan sayur berwarna hijau, antara lain : labu kuning, wortel, ubi jalar, mangga, dan lainnya.

•    Kuning kehijauan

Selain warna kuning, hijau, dan jingga, ternyata buah dan sayur berwarna kuning kehijauan juga berkhasiat, karena menunjukkan kandungan lutein dan zea xanthin yang bermanfaat mengecah penyakit katarak dan menyehatkan mata. Contoh buah dan sayur tersebut, antara lain : buah kiwi, alpukat, mentimun, melon, buncis, kacang polong, dan lain sebagainya.
Alam sekitar kita memberikan kenikmatan yang tiada tara, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bersyukur yang sebesar-besarnyaa kepada Allah SWT. Sungguh, tidak ada dzat apapun yang mampu menciptakan keaneka ragaman  tersebut, kecuali Diri_Nya. Semoga artikel yang berjudul Rahasia Sehat Dibalik Warna dan Bentuk Buah dan Sayur diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
Previous
Next Post »