Loading...

Stop Remehkan Benjolan Di Ketiak, Ini 5 Penyebabnya

Ketiak termasuk salah satu bagian tubuh yang wajib diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Lokasi ketiak yang berada di antara lengan dan rongga dada membuatnya lebih mudah berkeringat dan menimbulkkan bau badan. Oleh karena itu, sangat wajib bagi kita untuk merawat ketiak dengan baik agar terhindar dari kuman penyebab masalah kesehatan. Mungkin tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa masalah yang sering menimpa ketiak, salah satunya munculnya benjolan pada ketiak.
Benjolan pada ketiak bisa menimpa siapa saja dan kondisi ini tidak boleh dianggap remeh karena menunjukkan gejala kesehatan yang serius.  Agar lebih jelasnya, simak terus kelanjutan artikel yang berjudul Stop Remehkan Benjolan Di Ketiak, Ini 5 Penyebabnya :
Benjolan

1.    Akibat Mencukur atau mencabut bulu ketiak

Benjolan di ketiak juga bisa muncul karena kebiasaan mencabut bulu ketiak. Mencabut bulu ketiak memang seringkali menjadi solusi agar kulit ketiak tidak hitam dan pastinya bersih dari bulu. Namun kebiasaan tersebut dapat menimbulkan efek buruk, karena bulu ketiak yang dicabut menyebabkan pertumbuhannya jadi tidak sempurna, yakni tumbuh ke dalam dan menyebabkan benjolan di ketiak. Hem, ngeri sekali bukan? Oleh karena itu, gunakan cara yang baik dn aman untuk mencabut bulu ketiak ya! (Tiga Amalan Sunnah Yang Bebaskan Anda dari Penyakit)

2.    Penggunaan deodorant

Untuk mencegah timbulnya bau badan,kebanyakan orang menggunakan deodorant sebagai solusinya. Memang sich, deodorant membuat ketiak jadi wangi dan bersih, tapi bahan pada deodorant juga bisa menimbulkan  reaksi alergi yang berakibat munculnya benjolan pada ketiak. Jika Anda mengalami kondisi ini, segera hentikan penggunaan deodorant dan gantilah deodorant yang mengandung bahan alami. (Jangan Sepelekan Memar, Ini 7 Penyebabnya)

3.    Kanker Limfoma atau kelenjar getah bening

Salah satu alasan bahwa kita tidak boleh meremehkan benjolan pada ketiak  adalah karena bisa jadi akibat kanker limfoma atau kelenjar getah bening. Kanker Limfoma termasuk satu jenis tumor ganas yang sangat mematikan jika tidak diatasi dengan baik. Kondisi ini terjadi akibat adanya benda asing, baik virus maupun bakteri yang masuk ke dalam kelenjar getah bening sehingga membuatnya jadi bengkak. Kanker limfoma menimbulkan beberapa gejala, diantaranya : demam, gatal, keringat malam, penurunan berat badan, dan lain sebagainya. Untuk itu, jika mengalami gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan medis agar diketahui penyebabnya.  (Manfaat Si Kecil Ketumbar untuk Kesehatan)

4.    Kanker Payudara

Bahaya lain yang patut diwaspadai akibat benjolan pada ketiak adalah kanker payudara. Kanker payudara termasuk satu penyakit yang mematikan, oleh karena itu jangan remehkan jika mengalami benjolan di ketiak, karena sel ganas yang tumbuh pada jaringan payudara termasuk cikal bakal kanker payudara. Gejala awal yang dirasakan, antaralain : munculnya benjolan yang terasa nyeri, tekstur keras dan padat jika diraba, bisa juga menyebabkan gatal, dan masih banyak yang lainnya.  (Manfaat Sehat Kaldu Sayuran yang Wajib Anda Tahu)

5.    Alergi bahan tertentu

Benjolan di ketiak juga bisa terjadi akibat reaksi tubuh terhadap bahan-bahan tertentu. Kondisi ini terjadi akibat tubuh mengalami alergi terhadap bahan-bahan tertentu, diantaranya : penisilin,  yodium atau obat-obatan lain yang menimbulkan pembesaran pada kelenjar getah bening. Meski begitu,kondisi ini tidak berbahaya bagi kesehatan,karena hal ini merupakan reaksi alami tubuh yang bisa hilang dengan sendirinya. Jika Anda mengalami hal ini, pastikan menghindari obat-obatan yang mengandung bahan-bahan pemicu alergi tersebut.  (Waspadain 6 Tanda Ginjal Bermasalah Sebelum Terlambat)
Setelah mengetahui penyebabnya diatas, pastinya kita selalu waspada jika mengalami benjolan pada ketiak. Semoga artikel berjudul Stop Remehkan Benjolan Di Ketiak, Ini 5 Penyebabnya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (Enam Ciri Feses yang Tunjukkan Adanya Penyakit Serius)

Loading...
Previous
Next Post »
loading...