Waspadai 6 Tanda Ginjal Bermasalah Sebelum Terlambat

Kita semua pasti sudah tahu akan pentingnya ginjal bagi tubuh, karena itu sudah semestinya kita menjaga dan merawat ginjal agar senantiasa sehat dan berfungsi dengan baik. Untuk memastikan ginjal sehat, kita harus memahami bagaimana tanda ginjal bermasalah. Jadi, ketika ada hal-hal yang mencurigakan pada tubuh akibat masalah pada ginjal, kita bisa segera melakukan upaya pengobatan agar tidak menjadi masalah serius. Tapi masalahnya, mengetahui gejala ginjal bermasalah tidaklah mudah, bahkan kebanyakan seseorang baru sadar ketika sudah merasakan gejala yang cukup parah. 
Ginjal 
Hem, lalu harus bagaimana? Seperti yang kita tahu, ginjal termasuk satu organ penting dalam tubuh yang sulit disembuhkan jika sudah mengalami kerusakan. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita mewaspadai tanda ginjal bermasalah sebelum terjadi keterlambatan. Agar lebih jelasnya, simak 6 Tanda Ginjal Bermasalah Sebelum Terlambat berikut ini :

1.    Tubuh lemas dan pucat

Tubuh lemas dan pucat merupakan salah satu tanda ginjal bermasalah yang harus diwaspadai. Kondisi tersebut akibat menurunnya produksi sel darah merah sehingga seseorang akan mengalami anemia. Sayangnya, gejala tersebut seringkali dianggap sebagai hal yang biasa dan bukan gejala penyakit serius, sehinggga kebanyakan orang akan mengatasinya dengan istirahat atau minum vitamin.(Waspada,Ini Tiga Waktu Turunnya Azab)

2.    Mual dan muntah

Tanda lain yang harus diwaspadai akibat ginjal bermasalah, adalah mual dan muntah. Hal ini terjadi akibat menurunnya fungsi ginjal untuk membuang racun, sehingga racun akan menumpuk dalam tubuh dan memicu mual dan muntah. Namun sayangnya, kebanyakan orang akan mengaitkan kondisi tersebut dengan masuk angina sehingga tidak ada upaya serius untuk menanganinya. (PEnyebab Telapak Kaki Sakit yang Harus Anda Tahu)

3.    Sesak Napas

Salah satu fungsi ginjal adalah pembuang cairan dari dalam tubuh, namun ketika fungsi ginjal tidak optimal, secara otomatis akan terjadi penumpukan cairan dalam tubuh. Penumpukan cairan yang terjadi pada paru-paru dapat menyebabkan seseorang menjadi sesak nafas, oleh karena itu harus segera dilakukan upaya medis yang tepat untuk menguras cairan dalam paru-paru. (Jangan Sepelekan Memar, Ini 7 Penyebabnya)

4.    Tubuh bengkak

Penumpukan cairan akibat ginjal bermasalah juga dapat membuat bagian tubuh membengkak. Umumnya pembengkakan terjadi pada kaki dan perut. Namun jika sudah parah, pembengkakan bisa terjadi pada seluruh tubuh. (Tips Masak AYam Kampung Lebih Empuk dan Nikmat)

5.    Menurunnya frekuensi buang air kecil

Buang air kecil secara rutin termasuk salah satu tanda ginjal berfungsi dengan baik. Sebaliknya jika frekuensinya menurun, Anda patut mewaspadainya, karena bisa jadi ada masalah pada ginjal. (Manfaat Dan Bahaya Durian yang Wajib Anda Tahu)

6.    Osteoporosis

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan kalsium dalam tubuh. Jadi, ketika ginjal mengalami masalah, maka secara otomatis tubuh akan mengalami kekurngan kalsium.Jika dibiarkan masalah pengeroposan tulang atau osteoporosis akan siap menimpa Anda.
Setelah mengetahui 6 Tanda Ginjal Bermasalah diatas, pastinya kita akan lebih waspada dan tidak menyepelekannya. Semoga informasi yang berjudul 6 Tanda Ginjal Bermasalah Sebelum Terlambat diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Loading...
Previous
Next Post »
loading...