Loading...

Waspadai Benjolan di Leher yang Sebabkan Kematian

Pernahkah Anda mengalami benjolan di leher? Pada leher memang sering muncul benjolan, baik besar atau kecil, keras atau lunak, sakit atau tidak. Benjolan di leher sering disebut “uci-uci” dan umumnya tidak berbahaya. Meski begitu jangan pernah meremehkannya karena bisa jadi benjolan di leher Anda disebabkan oleh kondisi serius dan mematikan, misalnya : kanker atau infeksi kronis. Oleh karena itu, pastikan Anda tahu apa yang menjadi penyebab benjolan di leher Anda, apakah benjolan tersebut berbahaya dan kira-kira apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya?  
benjolaan di leher (sb.gambar : www.obatobatanalami.com)

Penyebab Benjolan di leher

Mungkin masih banyak yang belum tahu, apa sich penyebab munculnya benjolan di leher? Pada leher terdapat banyak jaringan dan juga organ penting, sehingga diperlukan kepastian dari jaringan manakah benjolan pada leher bisa terbentuk, misalnya : tiroid, getah bening, otot, kelenjar lemak dan lain sebagainya. Nah, agar lebih jelasnya, mending kita simak terus kelanjutan artikel yang berjudul Waspadai Benjolan di Leher yang Sebabkan Kematian. Beberapa penyebab munculnya benjolan di leher, antara lain :

•    Kelenjar Getah Bening

Benjolan di leher bisa jadi akibat pembesaran kelenjar getah bening akibat tubuh mengalami infeksi, baik infeksi ringan maupun yang berbahaya, misalnya : infeksi tenggorokan, TBC, infeksi gigi, pilek, sipilis dan lain sebagainya.  Hal ini terjadi karena pada kelenjar getah bening terdapat sel-sel yang bertugas membantu tubuh melawan infeksi virus maupun bakteri dan melawan sel-sel kanker. Benjolan tersebut bisa kemps dnegan sendirinya ketika penyakit mulai sembuh.

•    Kelenjar tiroid

Penyebab lainnya adalah pembesaran kelenjar tiroid akibat beberapa penyakit, antara lain : gondok,kelenjar  terlalu aktif atau kuraang, ataau penyakit kanker tiroid. (Manfaat Sehat Si Cantik Kiwi yang Jarang Diketahui)

•    Kanker

Benjolan di leher juga bisa bersifat kanker, terutamaa baagi Anda yang suka menjalankan gaya hidup tidak sehat, misalnya : suka me*okok, minuman al*ohol, dan lain sebagainya. Adapun kanker yang memicu benjolan dileher, antara lain : kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker lidah, kanker pita suara, kanker payudara, kanker dasarh putih atau leukemia. (Tujuh Cara Mudah Agar Tidak Mendengkur Saat Tidur)

•    Kista

Benjolan di leher juga bisa akibat kista jinak yang umumnya memiliki ciri-ciri : bentuknya kecil dan bergeser bila ditekan. Jika halini yang terjadi pada Anda, tidakperlu cemas karena benjolan tersebut bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

•    Kelenjar ludah

Benjolan di leher juga bisa muncul akibat endapan zat kimia dalam air liur yang kemudian membentuk batu kecil, dimna ia bsia menyumbat aliran air liur ke dalam mulut.

•    Pertumbuhan kulit atau skin tag

Benjolan pada leher juga abisa terjadi akibat tumbuhnya kulit yang berlebih akibat gesekan denganpaakaian atau kulit bagianlain sehingga muncul daging tumbuh miripkutil berwarna kecoklatan. Umumnya kondisi ini tidak menyakitkaan, tidak berbahaya dan pastinya bisa hilang dengan sendirinya.

Segera Waspadai Benjolan Di Leher, jika..

Bagi sebagian orang, benjolan di leher seringkali dianggap tidak mengganggu, meski begitu segera waspadai jika benjolan di leher memiliki ciri-ciri berikut ini :
•    Benjolan tidak mengecil dalam waktu sebulan
•    Benjolan terus membesar dan keras
•    Benjolan tidak bergerak apabila disentuh
•    Disertai gejala, antara lain : demam, berat badan turun, sulit menelan, sesak napas, perubahan warna kulit, dan gangguan lainnya.
Apabila muncul benjolan di leher Anda  dengan ciri-ciri seperti diatas, segera periksakan diri ke Dokter, karena deteksi dini bisa meminimalisir  risiko benjolan yang mematikan. Semoga informasi yang berjudul 5 Penyakit Serius yang Ditandai Benjolan di Leher diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...