Loading...

Cara Mencegah dan Mengobati Ginjal Bengkak

Apa yang Anda bayangkan ketika mendengar istilah Ginjal Bengkak? Pasti mengerikan ya, secara kita semua tahu bagaimana pentingnya ginjal bagi tubuh. Ketika ginjal mengalami pembengkakan, secara otomatis fungsinya akan terganggu. Sebenarnya, apa sich Ginjal bengkak itu? Ginjal bengkak atau pembesaran ginjal, merupakan satu kondisi dimana ginjal memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran normalnya. Ginjal bengkak bisa terjadi akibat adanya penyumbatan pada satu atau kedua ginjal. Umumnya ginjal bengkak disebabkan karena penyakit yang mendasarinya, misalnya : batu ginjal, tumor ginjal, infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya. Penyakit ginjal bengkak harus segera diatasi agar tidak menimbulkan kerusakan fungsi ginjal hingga berisiko menjadi gagal ginjal.
                                            Ginjal bengkak (sumber gambar : youtube.com)

Gejala Ginjal Bengkak yang Wajib Anda Tahu

Agar tidak terlambat, pastikan Anda mengenali apa saj gejala ginjal bengkak, yang diantaranya : demam, terasa sakit saat kencing, pinggang terasa sakit, perubahan warna urine, perut kembung, mual dan muntah, mata dan kaki bengkak, hingga sesak nafas.

Upaya Pencegahan Ginjal Bengkak?

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah ginjal bengkak, diantaranya : menjaga berat badan, berhenti mer*kok, control kadar kolesterol, penuhi kebutuhan cairan, hindari kebiasaan menahan kencing, olahraga secara teratur, dan jaga pola istirahat yang cukup pastinya.

Cara Mengobati Ginjal Bengkak

Ginjal bengkak harus segera diatasi dengan baik agar tidak terjadi keterlambatan. Selain upaya medis, Anda juga bisa mengatasi masalah ginjal bengkak dengan pengobatan alternative, tapi pastikan berobat ke tempat yang professional. Umumnya, pengobatan ginjal bengkak akan disesuaikan dengan penyakit yang mendasarinya, misalnya :
•    Apabila ginjal bengkak disebabkan karena batu ginjal, maka upaya pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menghancurkan batu yang menyumbat tersebut, misalnya dnegan obat-batan  hingga tindakan operasi.
•    Apabila ginjal bengkak disebabkan infeksi saluran kemih, maka tindakan pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan pemberian antibiotic atau obat-obatan lain untuk mengatasi infeksi.
•    Apabila ginjal bengkak disebabkan adanya tumor atau kista dan lain sebagainya, maka upaya yang harus dilakukan adalah dengan mengobati sumber penyebab ginjal bengkak.
Mengingat banyaknya penyebab ginjal bengkak, maka sudah seharusnya jika Anda priksa ke dokter specialis urologi agar segera diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab ginjal menjadi bengkak dan pastinya bisa mendapatkan pengobatan yang tepat.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...