Enam Alasan Sehat Kenapa Kita Wajib Memotong Kuku

Bagi sebagian wanita, memiliki kuku panjang merupakan suatu kebanggaan, karena selain  mudah dihias juga membuatnya terlihat feminin. Meski begitu, memiliki kuku panjang butuh  perhatian dan perawatan khusus, karena kuku panjang bisa menjadi sumber penyakit dan memicu gangguan kesehatan. Bahkan sebuah studi menyebutkan jika kuku yang panjangnya  melebihi 3 milimeter dari ujung jari dapat menyimpan jamur dan  bakteri yang membahayakan.  Untuk itu, tak  heran  jika Rasulullah memasukkan  memotong kuku  dalam  Sepuluh perkara yang merupakan fithrah. 
Hem, mungkin sebagian dari kita masih belum tahu bahwa ada banyak manfaat sehat dari kebiasaan memotong kuku.  Agar lebih  jelasnya, simak enam Alasan Sehat Kenapa Kita Wajib Memotong  Kuku berikut ini  : 

1.    Mencegah penyakit  yang  mengganggu  sistem pencernaan

Sering makan menggunakan tangan? Kuku panjang yang tidak terawat dengan baik menjadi tempat yang nyaman bagi kuman. Ketika kita makan, kuman dan bakteri tersebut  bisa ikut masuk dan mengganggu sistem pencernaan.

2.    Mencegah kuku tumbuh ke daging

Kuku yang dibiarkan panjang sangat berisiko tumbuh ke dalam  menembus daging. Jika dibiarkan, kondisi  tersebut dapat memicu rasa nyeri, bengkak hingga infeksi.

3.    Menjaga kebersihan

Memotong kuku secara teratur memberikan kesan bersih dan rapi pada penampilan.  Selain itu, kuku pendek juga memudahkan pekerjaan Anda, misalnya : mengetik, memasak dan  lain sebagainya.

4.    Mencegah Infeksi kuku

Banyak penyakit yang disebabkan jamur dan bakteri yang ada disekitar kuku, diantaranya : paronychia, onychomycosis, dan  lainnya  yang tidak hanya merusak kuku  tapi  juga membuat Anda tidak nyaman.

5.    Mencegah infeksi  bakteri

Menggunakan alas kaki  tertutup membuat kuku bagian kaki mudah lembab dan sulit  bernafas.  Jika tidak segera diatasi, masalah ini  bisa  memicu  infeksi  bakteri  yang  menyebabkan  masalah,  misalnya   bau  kaki,  cantengan, dan lainnya.

6.    Menghindari cedera

Memiliki kuku panjang memang indah, tapi jika terlalu panjang justru dapat memicu  cidera, misalnya : tercakar,  infeksi akibat menggaruk terlalu keras,  cidera akibat  kuku patah,  dan lain sebagainya.
Banyaknya bahaya yang ditimbulkan kuku panjang diatas, membuat kita harus senantiasa  rajin  memotong kuku.  Jika ingin memanjangkan kuku, pastikan merawat kebersihan dan juga kesehatan  kuku  Anda ya..  Semoga informasi  yang  berjudul  enam Alasan Sehat Kenapa Kita Wajib Memotong  Kuku diatas dapat bermanfaat bagi kita  semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...