Loading...

Manfaat Sehat Minum Teh untuk Penderita Diabetes

CintaPutihZahraa-Selektif memilih asupan makanan / minuman adalah hal yang wajib dilakukan oleh penderita diabetes, karena kesalahan kecil saja dapat memicu komplikasi penyakit lainnya. Makanan/minuman yang terbaik tentulah yang membantu menormalkan kadar gula darah penderita. Teh, merupakan satu jenis minuman yang wajib dikonsumsi penderita diabetes, karena dapat menormalkan kadar gula darah. Bahkan terdapat penelitian yang menyebutkan jika mengonsumsi teh setiap pagi dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk penderita diabetes. 
Hem, mungkin Anda heran, apa sajakah manfaat minum teh bagi penderita diabetes? Agar lebih jelasnya, simak Manfaat Sehat Minum Teh untuk Penderita Diabetes berikut ini :

1.    Menjaga tekanan darah agar senantiasa normal

Penderita diabetes rentan terkena komplikasi penyakit lainnya, salah satunya hipertensi. Dengan rutin minum teh, maka risiko tersebut dapat diminimalkan.

2.    Menjaga resistensi insulin

Minum teh secara rutin setiap pagi dapat membantu menjaga kadar insulin tetap stabil sehingga membuat kondisi penderita jadi lebih baik.

3.    Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Selain hipertensi, penderita diabetes sangat berisiko terkena komplikasi penyakit jantung. Nah, dengan mengonsumsi teh secara rutin, maka sirkulasi darah dapat berjalan lancar dan risiko penyakit jantung bisa berkurang.

4.    Mencegah kanker

Kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh penderita diabetes berpotensi mengaktifkan sel kanker sehingga penderita berisiko berisiko terkena penyakit kanker. Untuk meminimalisir risiko kanker, penderita diabetes bisa minum teh secara rutin setiap hari.

5.    Menghindarkan penderita dari stress

Stress dapat memperburuk kondisi penderita diabetes, karena dapat meningkatkan risiko  terkena penyakit hipertensi, jantung dan lainnya. Dengan rutin minum teh, maka dijamin pikiran akan lebih tenang dan terhindar dari stress.

Jenis Teh yang bagus untuk diabetes

Beberapa jenis teh yang bagus dan mengandung manfaat sehat untuk penderita diabetes, antara lain : 

•    Teh Hijau

Teh hijau mengandung polifenoldan atioksidan yang bagus untuk menjaga kesehatan dan membantu meringankan gejala diabetes.

•    Teh Hitam

Teh hitam mengandung flavonoida yang berkhasiat mengontrol kadar gula darah. Tapi ingat yaa.. jangan mengonsumsinya dengan gula pasir atau boleh juga jika Anda menambahkan gula non kalori.

•    Teh Licorice

Teh licorice bagus untuk penderita diabetes, karena membantu meminimalisir risiko katarak maupun glaucoma yang mengganggu penglihatan.

•     Teh Dandelion

Teh dandelion mengandung zat penting yang membantu menormalkan kadar gula darah. Meski begitu, sebelum mengonsumsinya, anda harus megonsultasikan ke dokter Anda, karena teh dandelion dapat memicu ruam kulit maupun diare.
Hem, jadi enderita diabetes tidak erlu takut minum teh, karena tidak hanya berperan sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas, tapi juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Semoga informasi yang berjudul Manfaat Sehat Minum Teh untuk Penderita Diabetes diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...