Trik Cerdas Agar Anak Kebal Bullying

Pernah  Anda merasa  cemas dan  takut ketika anak berada jauh dari jangkauan? Sebenarnya  itu adalah hal yang wajar, karena sebagai orang tua tentulah kita ingin selalu memastikan bahwa anak-anak kita aman dan nyaman dimanapun berada. Namun kita harus selalu ingat bahwa  kemanapun dan dimanapun tempatnya, anak Anda berisiko mengalami bully atau jadi korban  1nt1midasi oleh orang disekelilingnya. Tindakan buly biasa melalui berbagai cara, diantaranya :  kata-kata, fisik, hingga bully melalui dunia maya atau cyber bullying. Seperti yang kita tahu, tindakan bully dapat membuat anak kehilangan rasa percaya diri, merasa rendah, hingga berisiko mengalami gangguan mental. Meski begitu membatasi aktivitas anak atau selalu menemani kemanapun anak pergi  juga bukan solusi, karena membuat anak jadi manja dan tidak bisa mandiri.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua agar anak terhindar  dari korban bullying, salah satunya dengan mempelajari Trik Cerdas Agar Agar Kebal Bullying berikut ini  :

1.    Antisipasi sebelum terjadi bully

Sebagai orang tua, pastinya Anda akan terus membangun komunikasi dengan anak bukan?  Cari tahu bagaimana situasi dan kondisi di sekolahnya dan selalu tanyakan  pada anak, apakah ada temannya yang suka menang sendiri atau sok berkuasa.  Jika iya, ajarkan anak untuk mengatasi teman model tersebut.

2.    Tingkatkan percaya diri anak

Sebagai orang tua, Anda harus selalu menghargai anak dan meyakinkan bahwa mereka sangat berharga dan menakjubkan. Hal itu tidak hanya membuat kepercayaan diri anak meningkat dan merasa dirinya berharga, tapi juga sangat membantu menghindarkan anak dari tindakan bully. Karena biasanya anak yang jadi korban bully adalah anak yang tidak percaya diri dan merasa rendah diri.

3.    Ajari anak melawan  pembully secara positif

Bersikap manis dan baik memang wajib, namun khusus untuk teman yang suka membully tentu saja Anda harus mengajarkan anak untuk berani melawan secara positif, misalnya : menolak perlakukan tidak menyenangkan dan  bersikap tegas. 

4.    Ingatkan agar anak tidak menyendiri

Untuk mencegah  tindakan  bully, pastikan Anda selalu mengingatkan anak agar tidak menyendiri. Karena umumnya pembully akan mencari target anak-anak  yang lemah, suka sendirian dan terisolasi. Mintalah anak Anda untuk selalu aktif bersama teman-temannya sehingga meminimalisir tindakan bully.

5.    Berikan kesempatan bagi anak untuk ikut berbagai aktivitas positif

Hanya karena takut anak dibully, bukan berarti Anda harus membatasi aktivitas anak. Sebaliknya, biarkan anak bebas  mengikuti aktivitas ositif apa saja di sekolah maupun di lingkungan rumahnya. Berkumpul dengan teman-teman berbagai karakter akan membuat anak lebih mampu mengatasi masalah.
Semoga  informasi yang berjudul Trik Cerdas Agar Agar Kebal Bullying diatas dapat bermanfaat bagi  kita semua, terutama orang tua di seluruh dunia.
Loading...
Previous
Next Post »