Loading...

12 Alasan Kenapa Kita Wajib Hati-Hati dengan Hati

Cinta Putih Zahra - Anda pasti seringkali mendengar kalimat “Hati-hati dengan hati”, bukan? Pernahkah Anda berpikir, kenapa kita harus hati-hati dengan hati? Hati termasuk organ tubuh yang sangat penting, karena merupakan bagian dari sistem pencernaan dan bertanggung jawab untuk menyaring limbah/racun serta memproduksi kolesterol. Hati sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, oleh karena itu sudah selayaknya kita harus memperhatikan hati. Memperhatikan disini bisa diartikan dengan menghindari hal-hal yang dapat merusak fungsi hati. Agar lebih mudah menjaga kesehatan hati, sebaiknya Anda mengetahui 12 Alasan Kenapa Kita Wajib Hati-Hati dengan Hati, berikut ini  :
1.    Hati merupakan satu-satunya organ yang tidak dilindungi oleh apapun. Jantung, masih dilindungi tulang, kepala dilindungi tempurung, ginjal juga masih dilindungi. Tapi jika hati terkena benturan, sudah pasti akan hamcur atau cedera
2.    Hati merupakan organ yang memiliki fungsi  yang luar biasa dalam menetralisir racun
3.    Hati termasuk organ yang tidak pernah komplain. Berbeda dengan organ lain, misalnya : paru-paru terkena asap, langsung batuk, tangan terluka akan terasa sakit, kencing terkena kuman akan terasa nyeri, perut salah makan akan menyebabkan diare. Meski begitu tetaplah berhati-hati, karena hati akan komplain jika mengalami kerusakan sebanyak 90%.
4.    Hati merupakan satu-satunya organ yang regenerasinya sangat cepat, berbeda dengan organ tubuh lainnya, misalnya : ginjal, syaraf, dan lain sebagainya.
5.    Setiap makanan yang kita konsumsi, semuanya pasti melewati hati. Karena itu, orang  yang banyak makan, maka organ  yang  gampang rusak adalah hati. Sebaliknya orang yang rajin puasa, maka organ yang paling sehat adalah  hati.
6.    Hati merupakan organ detoksifikasi. Bayangkan jika hati rusak, maka pasti tubuh kita pasti penuh racun. Oleh karen yaitu, pastikan hindari makanan atau minuman yang berisiko merusak hati, misalnya : alkohol, narkoba, obat-obatan (paracetamol, dan barang haram lainnya)
7.    Hati merupakan penghasil enzim pencernaan. Jika kita makan, maka hati akan memproduksi enzime. Karena itu, jika  kita banyak makan, otomatis kerja hati akan lebih berat.
8.    Hati merupakan penyimpanan glikogen. Hati bisa diibaratkan dengan  gudang yang apabila penuh, maka akan  banyak serangga  pengganggu masuk. Demikian pula dengan hati  apabila terlalu penuh  dengan makanan, maka kerusakan akan sulit dihindarkan
9.    Hati merupakan metabolisme empedu dan kolesterol
10.    Penyakit yang sering menimpa hati, antara lain  : Hepatitis, Perlemakan hati, sirosis hepatis kanker hati amoebisis hati. Gejala yang seringkali timbul pada penderita penyakit hati, antara lain : Mudah mengantuk, mudah lelah, lemes, mual
11.    Penyebab kerusakan hati yang paling sering, antara lain : tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang, tidak buang air besar pada pagi hari, pola makan berlebihan, tidak sarapan pagi, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan, banyak mengonsumsi zat kimia pengawet, pewarna dan pemanis buatan.
12.    Cara mengetahui bagaimana orang yang hatinya bermasalah, antara lain : dengan melihat  warna kotoran yakni berwarna kuning, timbul bengkak (bengkak bisa dimana saja, seperti : perut), kulit berwarna kuning, dan hati mengalami pembengkakan. 
Hem ternyata ada banyak hal penting yang harus kita tahu tentang hati. Semoga informasi yang berjudul 12 Alasan Kenapa Kita Wajib Hati-Hati dengan Hati diatas dapat  bermanfaat bagi kita  semua.

Loading...
Previous
Next Post »
loading...